Find Us On Social Media :

Sudah Ada Sejak Abad 800 M, Ini Asal Usul Kembang Api yang Jadi Penanda Perayaan Tahun Baru di Dunia

By Andriana Oky, Minggu, 1 Januari 2023 | 09:02 WIB

Asal usul Kembang Api

GridPop.ID - Perayaan tahun baru identik dengan kembang api.

Kembang api akan dilepaskan menjelang detik-detik pergantian tahun baru.

Namun tak banyak yang mengetahui tentabg sejarah kembang api.

Merujuk artikel Kompas.com, diungkapkan sejarawan berpendapat kembang api pertama kali ditemukan di China.

Dikutip dari Live Science, Selasa (27/12/2022), pada sekitar tahun 800 M, alkemis dari China mencampur senyawa belerang, arang dan menciptakan bubuk mesiu mentah.

Akan tetapi, apa yang dilakukan itu bukan tujuan mereka. Para alkemis ini sebenarnya sedang mencari cara untuk kehidupan abadi, tetapi apa yang mereka ciptakan tetap mengubah dunia.

Untuk membuat beberapa kembang api pertama, mereka akan mengemas bubuk mesiu baru ke dalam bambu dan melemparkannya ke dalam api yang kemudian menciptakan ledakan keras.

Setelah itu, kembang api berevolusi. Tabung kertas menggantikan bambu dan alih-alih membuang tabung ke dalam api, orang menambahkan kertas tisu yang digunakan untuk menyalakan kembang api.

Pada abad ke-10 orang China juga telah mengetahui bahwa mereka dapat membuat bom dengan bubuk mesiu, jadi mereka menempelkan kembang api itu ke panah yang ditembakkan ke musuh.

Baca Juga: Anabul Stres Dengar Pesta Kembang Api? Lakukan Cara Sederhana Ini Demi Cegah Kucing Terkena Imbas Riuhnya Perayaan Tahun Baru