Find Us On Social Media :

Tips Hidup Hilangkan Bau Amis Ikan yang Menyengat di Tangan dan Alat Masak dengan Mudah, Cukup Pakai Pasta Gigi hingga Air Dingin

By Lina Sofia, Minggu, 1 Januari 2023 | 16:32 WIB

Cara menghilangkan bau amis ikan di tangan

GridPop.ID - Bau amis ikan pada tangan dan alat memasak terkadang sulit dihilangkan.Namun, tips hidup cara menghilangkan amis pada tangan alat makan bisa dilakukan dengan cara ini.Simak tips hidup cara menghilangkan amis pada tangan dan alat masak berikut ini.Seringkali ketika kita mengolah ikan, bau amis yang dihasilkan susah hilang dari tangan maupun peralatan dapur seperti talenan.Meski sudah dicuci dengan air dan sabun pencuci piring, aroma menyengat tetap menempel pada tangan.Berikut cara menghilangkan bau amis ikan di tangan dan talenan dikutip Tribun Batam dari Good Housekeeping UK:Ada beberapa cara menghilangkan bau amis di tangan setelah memotong ikan.Cara-cara tersebut sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan peralatan khusus.1. Gunakan pasta gigiTrik andalan pemilik restoran dan spesialis makanan laut pemenang penghargaan Mitch Tonks adalah memeras sedikit pasta gigi ke telapak tangan setelah memasak dan menggosok bagian depan dan belakang tangan sebelum membilasnya dengan air hangat.

2. Air dinginCJ Jackson, CEO Billingsgate Seafood Training School, sangat yakin bahwa Anda hanya membutuhkan air dan sabun.Air dingin dulu adalah kunci untuk menghilangkan sisa-sisa ikan atau sisik dari tangan, sebut dia.

Baca Juga: Tips Hidup Sehat, 4 Cara Meredakan Gejala GERD yang Mendadak Muncul, Salah Satunya Pemilihan OutfitJika Anda mencuci tangan dengan air panas terlebih dahulu, Anda berisiko memasak sisa-sisa ikan.Setelah Anda menyelesaikan tahap air dingin, cuci tangan dengan air sabun yang panas, dan itu sudah cukup.3. Manfaatkan bak cuci piring stainless steelSebagai alternatif, gosokkan kedua tangan selama lima detik pada bak cuci piring stainless steel Anda, lalu cuci dengan air hangat dan sabun untuk menghilangkan bau amis.Cara emnghilangkan bau amis ikan dari talenan dan peralatan masakAdapun berikut beberapa cara menghilangkan bau amis dari talenan dan peralatan masak setelah memotong dan memasak ikan.-Jangan repot-repot menggunakan lemonCara menggunakan air dingin terlebih dahulu diikuti dengan air panas dan sabun seperti yang dilakukan Jackson dapat digunakan ke talenan juga.Menurut Jackson, Anda tidak perlu menggunakan lemon untuk membersihkan tangan atau peralatan masak, sebab itu hanya membuang-buang lemon.-Siapkan cairan sterilisasiSesuatu yang sederhana seperti larutan sterilisasi harian seperti yang Anda gunakan untuk mensterilkan botol susu bayi dapat menghilangkan sisa ikan dari peralatan masak, termasuk talenan.Selain di tangan dan di alat masak, bau amis ikan juga kerap tertinggal di freezer atau kulkas yang mana menjadi tempat penyimpanan ikan.Namun, dengan memastikan ikan disimpan dalam wadah tertutup, dapat meminimalkan atau menghilangkan bau amis dari kulkas atau freezer.Selain itu, bisa pula meletakkan semangkuk baking soda untuk menyerap bau serta membersihkan kulkas dan freezer secara menyeluruh.

Baca Juga: Tips Hidup Tak Gampang Ngantuk Tanpa Kopi, 5 Cara Ini Wajib Dijajal, Dijamin Ampuh

Caranya, keluarkan semua makanan dan minuman yang disimpan di kulkas dan freezer terlebih dulu, lalu lepaskan laci atau rak penyimpanan.Selanjutnya, buatlah larutan pembersih dari seliter air hangat, beberapa tetes sabun cuci piring, dan 21 gram baking soda. Selanjutnya, aduk larutan hingga merata, celupkan spons, dan oleskan ke semua permukaan kulkas dan freezer, termasuk pintu, gagang, serta laci atau rak penyimpanan. Untuk area yang sangat berbau atau memiliki noda makanan, oleskan lebih banyak larutan pembersih, kemudian gunakan kain lap atau tisu dapur kering untuk membilas larutan.Selain itu, dapat mengoleskan sedikit ekstrak vanila ke semua permukaan kulkas dan freezer.  Aroma ini dapat melawan bau amis ikan yang masih ada. Biarkan ekstrak vanila mengering sebelum menggunakan kembali kulkas dan freezer.

Baca Juga: Tips Hidup Lindungi Buah Hati dari Gigitan Nyamuk DBD, Mengoleskan Minyak Telon Bisa Jadi Salah Satu Cara yang Perlu Dicoba

GridPop.ID (*)