Find Us On Social Media :

Jelang Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 48, Berikut Jadwal dan Tips Lolos Seleksi Kartu Prakerja 2023

By Andriana Oky, Selasa, 10 Januari 2023 | 18:31 WIB

Cara pendaftaran kartu prakerja 2023

GridPop.ID - Program Kartu Prakerja 2023 dipastikan berlanjut di tahun 2023.

Pendaftaran Kartu Prakerja 2023 akan dibuka secara bertahap.

Menko Bidang Perekonomian Airlanga Hartanto menerangkan Kartu Prakerja gelombang 48 berlanjut dengan skema normal alias offline.

"Pelatihan (Kartu Prakerja) diawali di 10 provinsi. Tahap pertama DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Bali, Nusa Tenggara Timur, dan Papua," kata Airlangga, Kamis (5/1/2022) dilansir dari TribunJakarta.com.

Pelatihan luring atau offline dimulai di provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Bali, Nusa Tenggara Timur, dan Papua

“Ini pelatihannya secara offline secara bertahap diawali di sepuluh provinsi dan ini pembukaan gelombang pertamanya dilakukan di triwulan I-2023,” tutur Airlangga.

Dilansir dari Kompas.com, Airlangga menjelaskan adapun pelatihan yang dilakukan secara langsung atau luring (offline) akan diutamakan bidang-bidang tertentu, antara lain keterampilan yang masuk dalam kriteria Indonesia critical occupation list menurut studi World Economic Forum (WEF).

"Kemudian juga terkait dengan future of job, juga dengan research online," imbuhnya.

Bidang pelatihan yang akan diikuti secara offline itu di antaranya yakni pendidikan terkait dengan bisnis, seperti digital marketing, data specialist, manajer logistik, surveyor, dan desain grafis.

Lalu sektor manufaktur, seperti pelatihan untuk manajer produksi, manajer operasi, ahli teknik industri dan produksi, inspektur keselamatan kesehatan dan kualitas, serta ahli kesehatan dan kebersihan lingkungan kerja.

Baca Juga: Cara Daftar Kartu Prakerja 2023 Lewat Laman prakerja.go.id, Ikuti Langkah-langkah Berikut Agar Jadi Kandidat Penerima Rp 4,2 Juta

Kemudian pada bidang ekonomi kreatif antara lain pelatihan desain grafis, desain layout, animator. Sementara pada bidang teknik, seperti pelatihan untuk teknisi jaringan dan sistem komputer, serta power plant operator.