Find Us On Social Media :

Haus Validasi? Sosiolog Bongkar Motif Mario Dandy Sengaja Minta Rekam Aksi Brutalnya saat Aniaya David

By Lina Sofia, Senin, 27 Februari 2023 | 16:02 WIB

Sosiolog bongkar motif di balik Mario Dandy sengaja rekam aksi brutalnya saat aniaya David

GridPop.ID - Sosiolog bongkar motif di balik Mario Dandy sengaja minta aksinya saat aniaya David di rekam.

Video rekaman penganiayaan Mario Dandy terhadap David itu sempat viral di media sosial.

Sosiolog Universitas Indonesia, Devie Rahmawati membongkar alasan di balik pelaku kekerasan meminta aksinya direkam.

Dilansir artikel Tribun Jakarta, menanggapi video penganiayaan yang beredar itu, Devie Rahmawati, mengatakan, pada era digital saat ini, terjadi ketumpulan empati di dalam masyarakat.

Kemudian, video yang berbau kekerasan akan lebih mendapat perhatian berupa likes dan komentar dari warganet ketika diunggah di sosial media, berdasarkan dari hasil penelitian.

“Karena penelitian menunjukan video kekerasan itu lebih banyak mendapat like,” ujar Devie dalam rilis videonya, Minggu (26/2/2023).

Lebih lanjut, Devie mengatakan para pelaku kekerasan ini sengaja mendokumentasikan aksinya, untuk mendapatkan ketenaran dan pengakuan bahwa ia adalah orang yang hebat serta kuat.

“Kedua memang banyak orang yang menjadikan aksi kekerasan itu sebagai cara untuk mendapatkan ketenaran, lalu mendapatkan pengakuan bahwa dia adalah orang yang hebat, orang yang kuat,” ungkapnya.

Selanjutnya, Devie mengatakan efek yang didapat dari orang yang mendapat kekerasan tersebut, dirinya akan terlihat sebagai sosok yang lemah dan tak berdaya.

“Ditambah juga dengan menaruh video orang lain yang sudah dihajar atau disakiti itu memang sengaja dilakukan agar orang tersebut terlihat lemah selamanya, sehingga itu cara untuk mempermalukan orang yang sudah disakiti, dipukuli,” bebernya.

“Semakin menderita karena video mereka dipukuli, akan membuat mereka terlihat lemah dan dikenal sebagai orang yang tidak berdaya,” pungkasnya.

Baca Juga: Bak Mukjizad, David Kini Sudah Bisa Gerak dan Merespons Ini Usai Koma Dianiaya Mario Dandy, Meski Belum Sadar