Find Us On Social Media :

Prediksi Puncak Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran 2023, Hindari Lakukan Perjalanan di Waktu Favorit Ini

By Luvy Octaviani, Jumat, 7 April 2023 | 03:17 WIB

Ilustrasi mudik

GridPop.ID - Umat muslim akan segera menyambut Hari Raya Lebaran 2023 setelah satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa.

Tradisi mudik menjadi salah satu hal yang lekat dengan Hari Raya Lebaran.

Banyak orang yang pulang kampung dari tanah rantau saat momen Lebaran tiba.

Bagi kalian yang ingin melakukan perjalanan, informasi soal prediksi puncak arus mudik dan arus balik Lebaran 2023.

Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa melakukan perjalanan dengan nyaman dan aman terutama bagi yang akan menggunakan fasilitas Jalan Tol Trans Jawa.

Dilansir dari laman kompas.com, berdasarkan data dari PT Jasa Marga Tbk. puncak arus lalu lintas mudik Lebaran akan terjadi pada Rabu, 19 April 2023 (H-3).

Saat itu, diperkirakan akan ada 138 ribu kendaraan yang melintasi KM 66 Tol Jakarta-Cikampek (Japek). Jumlah naik 2 persen dari tahun 2022 (135 ribu kendaraan) atau naik 154 persen dari kondisi normal tahun 2022 (54 ribu kendaraan).

Sementara itu, prediksi puncak arus balik akan terjadi pada Selasa, 25 April 2023 (H+2). kala itu, akan ada 178 ribu kendaraan yang melintasi KM 66 Japek atau naik 5 persen dari puncak arus balik tahun 2022.

Demi kenyamanan dan keamanan selama perjalanan mudik, Jasa Marga mengimbau para pemudik untuk memilih waktu dan rute perjalanan yang tepat.

Baca Juga: Berencana Mudik ke Sumedang Saat Lebaran, Rossa Siapkan Sejumlah Uang THR untuk Keluarga

“Sebaiknya, hindari perjalanan di waktu puncak arus mudik dan arus balik. Hindari juga perjalanan di waktu-waktu favorit, seperti sehabis waktu sahur atau berbuka puasa,” ungkap Jasa Marga.

Pemudik diimbau selalu mengecek waktu dan rute pemberlakuan rekayasa lalu lintas dari kepolisian agar perjalanan lebih lancar.