Find Us On Social Media :

9 Cara Terhindar dari Pelecehan Seksual, Perhatikan Cara Berpakaian hingga Pelajari Teknik Pertahanan Diri

By Luvy Octaviani, Kamis, 1 Juni 2023 | 11:16 WIB

Ilustrasi pelecehan seksual

GridPop.ID - Pelecehan seksual tak hanya dialami oleh wanita tapi juga bisa menimpa lelaki.

Pelecehan seksual adalah tindakan yang tidak bisa ditoleransi dan sangat penting untuk mengambil langkah-langkah yang tepat untuk melindungi diri sendiri.

Dilnsir dari laman kompas.com, pelecehan seksual merupakan tindakan seksual lewat sentuhan fisik maupun non-fisik dengan sasaran organ seksual atau atau seksualitas korban.

Tindakan tersebut termasuk juga menggunakan siulan, main mata, ucapan bernuansa seksual, mempertunjukkan materi pornografi dan keinginan seksual, colekan atau sentuhan di bagian tubuh, gerakan atau isyarat yang bersifat seksual sehingga mengakibatkan rasa tidak nyaman, tersinggung, merasa direndahkan martabatnya, dan mungkin sampai menyebabkan masalah kesehatan dan keselamatan.

Bagi kalian yang ingin terhindar dari pelecehan seksual, deretan cara ini bisa dicoba:

1. Tingkatkan kesadaran

Pahami definisi dan tanda-tanda pelecehan seksual agar Anda dapat mengenali perilaku yang tidak pantas atau mengancam.

2. Percayai insting Anda

Jika Anda merasa tidak nyaman atau ada sesuatu yang tidak beres dengan situasi atau orang di sekitar Anda, percayai insting Anda dan cari jalan yang aman untuk meninggalkan situasi tersebut.

3. Berada di tempat yang ramai

Saat berada di tempat umum, usahakan untuk berada di area yang ramai dan terang.

Baca Juga: Polresta Solo Masih Selidiki Akun Twitter yang Diduga Lecehkan Selvi Ananda, Gibran Rakabuming Pilih Lakukan Hal Ini: Aku Santai Wae