Find Us On Social Media :

Tak Heran Rela Lakoni Hal Konyol Sekali pun, Ternyata Riset Membuktikan Jatuh Cinta Bikin Seseorang Bodoh

By Ekawati Tyas, Senin, 5 Juni 2023 | 20:30 WIB

Ilustrasi jatuh cinta

GridPop.ID - Sebuah riset membuktikan bahwa jatuh cinta membuat orang bodoh.

Tak jarang seseorang yang jatuh cinta akan melakukan segala hal demi orang terkasih.

Melansir Medical News Today via Kompas.com, disebutkan bahwa hal itu terjadi lantaran adanya perubahan kimiawi pada orang yang sedang jatuh cinta.

Para peneliti mampu memetakan perubahan kimiawi yang terjadi dan mengungkapkan bagian otak yang aktif dan bagian yang mati selama jatuh cinta dengan menggunakan pemindaian otak.

Dari hasil pemindaian otak menunjukkan bahwa bagian otak yang penting untuk penilaian, korteks frontal otak, mati saat orang jatuh cinta.

Para peneliti yang menggunakan pemindaian MRI menemukan bahwa korteks frontal dinonaktifkan ketika seseorang diperlihatkan gambar orang yang mereka cintai.

Hal ini membuat mereka menangguhkan semua kritik dan keraguan.

"Ketika Anda melihat seseorang yang Anda sukai, beberapa area otak menjadi aktif," kata Semir Zeki, profesor estetika saraf di University College London.

Zeki menerangkan, akan tetapi bagian yang berperan dalam penelitian rasional dinonaktifkan ketika seseorang sedang jatuh cinta.

Ia menambahkan, otak dapat bertindak dengan cara ini untuk tujuan biologis yang lebih tinggi dengan kata lain memungkinkan terjadinya reproduksi.

"Jika penilaian rasional ditangguhkan, bahkan pasangan yang paling tidak mungkin pun dapat berkumpul dan bereproduksi," ucap Zeki.

Baca Juga: Ditentang Tetap Nekat, Terkuak Alasan Inara Rusli Dulu Bisa Jatuh Cinta Pada Virgoun: Gak Seburuk Penampilannya