Find Us On Social Media :

Indonesia Peringkat Nomor 5 Diabetes di Dunia, Kenali Penyebab hingga Cara Mencegahnya Sebelum Terlambat!

By Veronica S,Grid., Selasa, 13 Juni 2023 | 05:16 WIB

Ada banyak penyebab diabetes yang terjadi di masyarakat Indonesia, simak cara mencegah diabetes sebelum terlambat.

GridPop.ID - Diabetes merupakan penyakit yang sering ditemui di masyarakat Indonesia.

Ada banyak penyebab diabetes yang terjadi di masyarakat Indonesia, diantaranya dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Setelah mengetahui penyebab diabetes, ada baiknya menyadari cara mencegah diabetes.

Fakta terkuak, Indonesia menduduki peringkat negara ke-5 dengan prevalensi penyakit diabetes tertinggi di dunia pada 2021 menurut International Diabetes Federation (IDF).

Berdasarkan riset IDF, jumlah penduduk dunia berumur 20-79 tahun pada 2021 diperkirakan mencapai 5,1 miliar. Dari jumlah tersebut, prevalensi pengidap diabetes mencapai 10,5 persen atau sekitar 536,6 juta.

Indonesia termasuk dalam 10 besar negara dengan ranking pengidap diabetes terbanyak di dunia tersebut. Berikut daftar negara berikut proyeksi jumlah pengidapnya pada 2021:

Temuan kasus diabetes ini diperkirakan terus meningkat. Apabila tidak dikendalikan, menurut IDF, jumlah pengidap diabetes di Indonesia pada 2045 bisa naik nyaris 50 persen dibandingkan 2021 menjadi 28,6 juta orang.

Sejalan dengan data IDF, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga menyebut, 13 persen penduduk Indonesia menderita diabetes, dengan potensi peningkatan yang signifikan setiap tahunnya.

Baca Juga: HP Lemot Bikin Emosi? Ini 8 Cara Mengatasinya, Ternyata Sesimpel Itu