Find Us On Social Media :

Simak Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Biar Gak Perlu Takut Nikmati Daging Kurban Idul Adha 2023

By Grid.,Helna Estalansa, Jumat, 7 Juli 2023 | 14:16 WIB

Ilustrasi daging kurban

GridPop.ID - Tips berikut ini akan membagikan cara mengatasi kolesterol tinggi setelah Idul Adha 2023.

Seperti diketahui, saat perayaan Idul Adha pastinya identik dengan penyembelihan hewan kurban.

Maka tak heran kalau berhari-hari, masyarakat masih mengonsumsi daging kurban.

Untuk itu, kamu harus tahu cara agar terhindar dari kolesterol tinggi akibat mengonsumsi daging kurban secara berlebihan.

Yuk simak bersama!

Tingkat kerawanan terindikasi Penyakit Tidak Menular (PTM), dapat terjadi kepada siapa pun, terutama bagi mereka yang jarang melakukan pemeriksaan kesehatan rutin.

Sekretaris Dinas Kesehatan Batang Ida Susilaksmi mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin mencegah terjadinya PTM, terlebih beberapa waktu lalu sebagian besar warga hampir dipastikan mengonsumsi daging kurban.

“Lewat Germas inilah sebagai langkah pencegahan, masyarakat bisa memanfaatkan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu), untuk deteksi dini apabila terindikasi PTM."

"Contohnya seseorang tidak akan tahu kalau sebenarnya dia mengidap tekanan darah tinggi, kalau tidak dicek kesehatannya,” tuturnya, Kamis (6/7/2023).

Ditemui secara terpisah, Ahli Gizi RS QIM Batang, Cyntia Ayu Rahmawati mengatakan, tidak mengapa bagi yang saat ini masih menyimpan daging kurban dan akan mengolahnya menjadi beragam hidangan.

Namun yang menjadi catatan yakni tidak menyertakan jeroan sapi atau kambing, seperti usus, babat dan lainnya.

“Cara pengolahannya akan lebih baik jika direbus atau dikukus, sehingga meminimalisir penggunaan minyak goreng standar takaran daging yang boleh dikonsumsi 50 gram sehari, jangan berlebihan dalam mengonsumsi,” terangnya.