Find Us On Social Media :

Demi Warganya Mau Punya Anak, Hongkong Siap Beri Tunjungan Sebesar Rp 40 Juta

By Grid.,Helna Estalansa, Jumat, 27 Oktober 2023 | 19:15 WIB

ilustrasi anak-anak

GridPop.ID - Kebijakan pemerintah untuk mendorong kelahiran anak adalah topik yang selalu menarik dan kontroversial.

Baru-baru ini, pemerintah Hongkong membuat langkah yang sangat tidak biasa dengan menawarkan insentif finansial yang menggiurkan.

Yaitu puluhan juta rupiah, untuk mendorong warganya agar mau memiliki anak.

Ya, Hongkong menawarkan tunjangan sebesar 2.556 dollar AS atau sekitar Rp 40 juta, untuk warganya agar mau punya anak.

Insentif ini diberikan untuk meningkatkan angka kelahiran yang semakin rendah di kota tersebut.

Angka kelahiran di Hongkong memang sedang berada di titik terendah yakni 0,9 kelahiran per perempuan, jauh di bawah angka 2,1 yang dibutuhkan untuk menjamin stabilnya populasi.

Kepala Eksekutif Hongkong, John Lee Ka Chiu mengatakan bantuan dana akan diberikan kepada orangtua dari setiap bayi yang lahir sejak aturan tersebut ditetapkan sampai 2026 mendatang.

“Melahirkan anak adalah keputusan besar dalam hidup yang melibatkan banyak pertimbangan,” kata Lee, dikutip dari CNN.

Kebijakan tersebut juga termasuk langkah pemerintah setempat memangkas bea materai pembeli rumah dari 15 persen menjadi 7,5 persen.

Bantuan dana ini merupakan tambahan dari insentif pajak yang sudah ada bagi para orangtua baru yang menerima potongan pajak tahunan untuk setiap anak, dan potongan tambahan untuk setiap bayi yang dilahirkan.

Ironisnya, bantuan dana tersebut dianggap tidak cukup bahkan untuk membayar sewa rumah satu bulan di Hongkong, apalagi biaya membesarkan anak.

Baca Juga: Sebentar Lagi Bakal Melahirkan, Denise Chariesta Curhat Sang Ayah dari Calon Anaknya Ogah Biayai Persalinan: Parah Banget...