Find Us On Social Media :

Istilah PESD Viral di TikTok, Ternyata Berkaitan dengan Kondisi Mental Setelah Pemilu, Kenali Gejalanya Berikut Ini

By Luvy Octaviani, Senin, 26 Februari 2024 | 06:14 WIB

Ilustrasi stress

GridPop.ID - Indonesia baru saja melangsungkan pesta demokrasi yakni pemilu (pemilihan umum) yang dilakukan pada 14 Februari 2024.

Setelah pemilu usai, istilah PESD mendadak muncul dan viral di TikTok.

Karena sering bersliweran, banyak netizen yang kemudian penasaran dengan arti dari PESD ini.

Melansir dari laman tribuntrends.com, PESD kependekan dari Post Election Stress Disorder yang merujuk pada gangguan kesehatan mental setelah Pemilu 2024.

Stres pascapemilu ini tidak hanya menyerang para politikus yang bertarung dalam pemilihan umum, tetapi juga para pendukungnya.

Dilansir laman Better Help, stres pascapemilu atau PESD adalah gangguan kecemasan yang ditandai dengan perasaan putus asa atau ketakutan setelah berakhirnya masa pemilu.

Stres pascapemilu bukan penyakit mental yang didefinisikan dalam Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM-5-TR). 

Namun, hal ini merupakan respons yang lazim terhadap pemilu. Gejala PESD hampir serupa dengan Post Traumatic Stress Disorder (PTSD).

Gejala PESD dapat berlangsung selama beberapa minggu, bulan, bahkan tahun. Gangguan mental ini sering kali terjadi karena seseorang merasa terikat secara emosional.

Stres pascapemilu rawan dialami orang-orang yang terikat dengan politik. Perubahan iklim politik akan berefek terhadap individu yang terikat pada keyakinan politik.

Sementara orang-orang kurang tertarik pada politik umumnya tidak mengalami stres jenis ini. Sebagian orang mungkin menganggap remeh hasil pemilu. Sementara yang lainnya mungkin merasa tertekan akibat dampak hasil pemilu.

Baca Juga: Momen Pria Jemur Uang Kertas Total Rp 30 Juta Viral di TikTok, Beruntung Selamat Usai Diterjang Banjir