Find Us On Social Media :

Jadi Salah Satu Sholawat yang Populer, Berikut Lirik dan Terjemahan Sholawat Mahalul Qiyam

By Andriana Oky, Selasa, 9 April 2024 | 05:15 WIB

ilustrasi, Lirik Sholawat

GridPop.ID - Mahalul Qiyam adalah salah satu sholawat yang sangat populer di Indonesia. Sholawat ini mengandung banyak makna spiritual dan religius bagi umat Islam yang mendengarkannya.

Istilah "Mahalul Qiyam" sendiri berasal dari bahasa Arab yang dapat diterjemahkan sebagai "Tempat yang Tinggi dalam Berdiri" atau "Tempat yang Mulia dalam Berdiri".

Makna utama dari sholawat ini adalah memuji dan memuliakan Nabi Muhammad SAW, yang dalam tradisi Islam dianggap sebagai utusan Allah dan sosok yang sangat mulia.

Dalam lirik-liriknya, sholawat ini menyatakan pengagungan kepada Nabi Muhammad SAW dan memohon kepada Allah agar memberikan berkah kepada beliau serta menjadikan beliau sebagai penengah bagi umat manusia di hari kiamat.

Sholawat "Mahalul Qiyam" sering kali dipahami sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah dan merenungkan keagungan serta keutamaan Nabi Muhammad SAW.

Berikut lirik sholawat Mahalul Qiyam:

صَلَّى اللهُ عَلى مُحَمَّدْ، صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْShallallahu ‘ala Muhammad, shallallahu ‘alayhi wasallamAllah bershalawat untuk Nabi Muhammad saw, Allah bershalawat dan mengucap salam sejahtera untuknya.

يَا حَبِيْبْ سَلَامْ عَلَيْكَ، صَلَوَاتُ اللهْ عَلَيْكَYq habib salam ‘alayka, shalawatullah ‘alaykaWahai Nabi, salam sejahtera untukmu, wahai Rasul salam sejahtera untukmu

ﻳﺎ ﻧﺒﻲ ﺳﻼﻡ ﻋﻠﻴﻚ ، ﻳﺎﺭﺳﻮﻝ ﺳﻼﻡ ﻋﻠﻴﻚYa nabi salam ‘alaika, Ya Rosul salam ‘alaikaWahai Nabi, salam sejahtera untukmu, Wahai Rosul salam sejahtera untukmu.

ﻳﺎﺣﺒﻴﺐ ﺳﻼﻡ ﻋﻠﻴﻚ ، ﺻﻠﻮﺍﺕ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻚYa habib salam ‘alaika, sholawatullah ‘alaikaWahai kekasih, salam sejahtera untukmu dan Sholawat (rohmat) Allah untukmu.

ﺃﺷﺮﻕ ﺍﻟﺒﺪﺭ ﻋﻠﻴﻨﺎ ، ﻓﺎﺧﺘﻔﺖ ﻣﻨﻪ ﺍﻟﺒﺪﻭﺭAsyroqol badru ‘alaina, fakhtafat minhul buduruBulan purnama telah terbit menyinari kami, Pudarlah purnama purnama lainnya.

Baca Juga: Lirik dan Terjemahan Lagu Ramadan (Ya Nurul Hilal) - Maher Zain, Lagu Islami yang Viral di TikTok