Find Us On Social Media :

Gara-gara Cuaca Panas di Indonesia, Kata Heatwave Viral di TikTok, Apa Artinya?

By Helna Estalansa, Selasa, 7 Mei 2024 | 17:15 WIB

Ilustrasi cuaca panas

GridPop.ID - Apakah kamu pernah mendengar istilah Heatwave yang belakangan ini viral di TikTok?

Mungkin istilah Heatwave sering berseliweran di FYP TikTok ya.

Pasalnya, istilah ini banyak dibicarakan seiring dengan cuaca panas yang melanda beberapa wilayah di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir.

Melansir dari TribunTrends.com, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa cuaca panas yang terjadi belakangan ini bukanlah heatwave.

Lalu, apa sebenarnya arti dari istilah "heatwave" yang viral di TikTok ini?

Berikut penjelasannya!

Heatwave merupakan peningkatan suhu yang signifikan dan tidak biasa terjadi dalam periode tertentu.

Ini merupakan suatu fenomena cuaca yang mencirikan periode panas yang ekstrem, biasanya berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan dapat berdampak pada kesehatan dan lingkungan.

Meskipun cuaca panas di Indonesia terjadi secara periodik setiap tahunnya, BMKG menegaskan bahwa kondisi ini tidak memenuhi kriteria sebagai heatwave.

“Jika ditinjau secara karakteristik fenomena, maupun secara indikator statistik pengamatan suhu kita tidak termasuk ke dalam kategori heatwave, karena tidak memenuhi persyaratan sebagai gelombang panas,” kata Deputi Meteorologi BMKG Guswanto di Jakarta, Kamis (2/5/2024) dikutip dari Kompas TV.

Arti Heatwave

Baca Juga: Viral di TikTok Momen Penjual Martabak Beli Rumah Pakai Uang Receh 4 Galon, Terungkap Berapa Lama Nabung Demi Hunian Impian