GridPop.ID - Media sosial kini sedang dihebohkan dengan fenomena remaja "SCBD" (Sudirman, Citayam, Bojonggede, dan Depok) atau Citayam Fashion Week.
Sebutan tersebut dijuluki untuk remaja-remaja yang sering nongkrong di kawasan Dukuh Atas, Sudirman, Jakarta Pusat.
Aktivitas nongkrong itu dibalut dengan adu gaya berpakaian nyentrik yang didokumentasikan di media sosial.
Setelah viral dan membuat hampir semua mata warga Jakarta tertuju ke sana, fenomena "Citayam Fashion Week" tak lagi hanya sekadar soal eksistensi bergaya.
Kini, sebagian remaja di sana mulai melihatnya sebagai peluang mendulang cuan.
Seperti dilansir dari Kompas.com, M Alif Hanzaulah, salah satu remaja yang ikut meramaikan "Citayam Fashion Week" misalnya, mengaku bisa mendapatkan uang Rp 800.000 dari sekali membuat konten di sana.
Penghasilan tersebut, kata dia didapat dari hasil membuat konten bersama sejumlah kreator konten di kawasan tersebut.
"Setiap hari ada aja yang ngajak ngonten. Biasanya sih nanya-nanya, kayak 'berapa harga outfit lo' gitu-gitu," kata dia, Selasa (19/7/2022).
Besaran pendapatan yang didapat dari hasil membuat konten bersama para kreator konten di "Citayam Fashion Week" berkisar dari Rp 50.000 hingga Rp 800.000 untuk satu kali syuting.
Besaran tersebut, tergantung dari jenis konten yang akan dimuat.
"Nah, kalau enggak ada endorse-nya biasanya dikasih gocap (Rp 50.000). Kalau ada endorse bisa Rp 700.000 sampai Rp 800.000. Kadang 3 endorse Rp 1 juta.
Alhamdulillah, duitnya sebagian kasih ke orang tua, sebagian buat jajan," tutur dia.
Hal yang sama dilakukan Angel, remaja berusia 14 tahun yang turut eksis di "Citayam Fashion Week".
Ia mengaku meminjam sejumlah baju dari temannya untuk beradu gaya di sana demi bisa membuat konten.
Namun terkadang Angel harus merogoh kecek pribadinya untuk membeli baju di Pasar Tanah Abang.
Saat ditemui di Dukuh Atas, Angel tengah mengenakan jump suit polkadot berwarna hitam dipadu dengan bandana berwarna biru mencolok yang menjadi ciri khasnya.
Bandana itu, disematkan di kepalanya sebagai pemanis ketika mejeng dengan outfit andalannya di Citayam Fashion Week.
Ia membelinya di pasar seharga Rp 35.000. Sebagai pelengkap penampilan, Angel memilih memakai sneakers berbahan kanvas yang dibelinya seharga Rp 350.000.
"Style aku kayak biasa-biasa aja gitu, biasanya beli di Pasar Tanah Abang juga. Kalau sepatu aku baru beli tadi," kata dia.
Angel pun bercerita ia cukup sering diajak sejumlah kreator konten untuk membuat sejumlah konten di media sosial. Saking seringnya diajak membuat konten, Angel mengaku dalam sehari bisa lima kali berganti baju.
"Sehari bisa lima kali ganti (baju)," kata Angel.
Baru-baru ini Paula Verhoeven mengajak Bonge, salah satu pemuda yang aktif di Citayam Fashion Week (CFW) untuk menggelar acara besar.
Bahkan, istri Baim Wong itu telah menyiapkan uang Rp500 juta sebagai hadiah dan juga dukungan terhadap acara Citayam Fashion Week.
"Jadi Baim Paula akan mengajak Bonge bikin event Citayam Fashion Week. Kita udah sediain uang sebesar Rp 500 juta," ujar Paula.
Tujuan Paula menggelar acara CFW besar-besaran itu, untuk memancing kreativitas para anak muda.
"Kita niatnya mengembangkan anak-anak muda sekarang, lebih positif, lebih kreatif, lebih inovatif," ucap Paula dikutip oleh Kompas TV dari Kompas.com, Kamis (21/7/2022).
Ibu dua anak itu memang sengaja mengajak Bonge, pasalnya pemuda itu dianggap sebagai pentolan di CFW dan berpengaruh terhadap remaja lainnya.
GridPop.ID (*)
Source | : | Kompas.com,Kompas TV |
Penulis | : | Lina Sofia |
Editor | : | Lina Sofia |
Komentar