GridPop.ID - Allianz Life Indonesia meraih penghargaan 'Digital Transformation of the Year' di acara 5th Asia Trusted Life Agents & Advisers Awards, pada tanggal 27 Juli 2020.
Kategori transformasi digital diperkenalkan untuk pertama kalinya tahun ini, di mana Allianz Life Indonesia menjadi satu-satunya perusahaan asuransi dari Indonesia yang dinominasikan.
Finalis lainnya adalah perusahaan asuransi dari Malaysia, Taiwan dan Vietnam.
Sejak Oktober tahun lalu, Allianz Life Indonesia telah mendigitalisasi semua proses penjualan dan proses pengajuan klaim asuransi kesehatan, sebuah transformasi yang saat ini dianggap sangat relevan, mengingat adanya pandemi COVID-19 dan keharusan untuk menjaga jarak fisik.
Allianz Life Indonesia dikenal dengan aplikasi digital untuk tenaga pemasar asuransi jiwa dan kesehatan, Allianz Discover, yang mengintegrasikan ekosistem penjualan lengkap – termasuk tools untuk interaksi dengan nasabah, mengajukan SPAJ, tracking, serta layanan untuk nasabah – ke dalam perangkat tablet yang dapat dimanfaatkan oleh lebih dari 30.000 agen.
Sejak diluncurkan pada bulan Januari 2015, aplikasi tersebut telah berkembang dari tools untuk mengirimkan polis asuransi jiwa secara online, menjadi pengalaman penjualan dan layanan secara digital yang menyeluruh (digital sales and service experience).
Jika proses aplikasi polis asuransi jiwa menggunakan kertas konvensional membutuhkan waktu lebih dari tujuh hari sejak pengajuan hingga penerbitan polis asuransi, Allianz Discover dapat memproses aplikasi lengkap hanya dalam waktu lima menit.
“Sekitar tiga tahun yang lalu, kami memulai transformasi digital untuk menemukan kembali cara kami berinteraksi dengan mitra bisnis dan nasabah kami,” kata Joos Louwerier, Country Manager dan Direktur Utama Allianz Life Indonesia.
“Allianz Discover adalah inovasi digital yang menggabungkan perangkat tablet yang digunakan dalam proses penjualan, dengan berbagai layanan yang mendukung visi kami untuk hubungan jangka panjang dengan agen dan nasabah.”
“Di tengah himbauan untuk menjaga jarak fisik, digital tools menjadi lebih relevan dari sebelumnya – dan kami tidak akan berhenti di sini. Kami senantiasa beradaptasi dan berinvestasi dalam teknologi. "
“Penghargaan ini merupakan bukti dari semua kerja dan komitmen tim, yang akan memotivasi kami lebih jauh dalam perjalanan kami untuk memberikan perlindungan kepada lebih banyak lagi masyarakat Indonesia, serta menjadi perusahaan asuransi digital nomor satu di Indonesia,” tambahnya.
Para juri juga mencatat bahwa tools tersebut memberikan pengalaman luar biasa kepada nasabah, dimana tools ini menyediakan materi digital berkualitas yang disimpan di Allianz Discover Media Lounge dan fitur drag-and-drop yang memungkinkan kombinasi modul produk untuk dilihat.
Selain itu, input data dapat dilakukan secara offline, sehingga memungkinkan agen untuk beroperasi di daerah terpencil dengan konektivitas terbatas.
Fitur ini dipandang sangat sesuai untuk pasar Indonesia, dimana Allianz Life Indonesia menargetkan perlindungan asuransi bagi 150 juta calon Nasabah di seluruh penjuru negeri yang terdiri dari 17.000 pulau.
Allianz Life Indonesia menyatakan bahwa melalui Allianz Discover, pengajuan secara digital telah meningkat dari 65% pada Desember 2018 menjadi 92% pada Desember 2019, sedangkan pembayaran digital meningkat dari 44% menjadi 75%, serta rata-rata waktu penanganan bisnis baru menjadi 99% lebih cepat.
Perusahaan lebih lanjut menggarisbawahi bahwa digitalisasi proses bisnis telah mencatatkan efisiensi sebesar EUR1,6 juta ($1,89 juta), sementara 370 pohon telah diselamatkan karena berkurangnya kebutuhan kertas.
Allianz Discover adalah hasil dari inisiatif sebelumnya, Allianz Innovation Lab, sebuah area kerja yang agile di mana berbagai tim lintas fungsi bekerja bersama untuk memberikan solusi produk dan layanan inovatif bagi agen dan Pelanggan.
Inisiatif penting lainnya adalah Allianz eAZy Cover, yang menjadi jawaban dari kebutuhan agen dan nasabah untuk bertemu, yang sebelumnya harus dilakukan secara langsung. Agen dapat menggunakan alat penjualan digital untuk memberikan konsultasi dengan nasabah tentang kebutuhan perlindungan mereka, sementara nasabah juga dapat melakukan verifikasi identitas mereka secara digital.
Selain itu, perusahaan juga menyediakan customer-centric tools, termasuk portal nasabah online eAZy Connect, dimana nasabah dapat mengakses informasi polis asuransi jiwa melalui portal yang dapat diakses via website Allianz Indonesia, dan mengajukan klaim asuransi kesehatan secara online dengan pembayaran klaim yang akan diproses dalam waktu 48 jam, jika semua syarat dan ketentuan sudah dilengkapi.
Pemenang 5th Asia Trusted Life Agents & Advisers Awards dipilih dari 250 nominasi dari 12 negara, yang telah melalui proses penjurian dua tahap yang ketat dan transparan serta diaudit oleh Ernst & Young.
Seremoni penyerahan penghargaan dilakukan secara online karena pandemi COVID-19. Panel juri terdiri dari 30 CEO, senior executives, ketua asosiasi dan pakar industri.
Penghargaan ini diselenggarakan oleh Asia Insurance Review dan Asia Advisers Network, dengan co-organizer LIMRA.
Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981.
Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum.
Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996.
Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.
Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 30.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya.
Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 9 juta tertanggung.
Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat.
Allianz telah hadir di wilayah ini sejak 1910, dimana awalnya Allianz menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Cina.
Saat ini, Allianz aktif di 14 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset.
Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.
Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara.
Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global.
Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 740 miliar Euro.
Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,6 trilliun Euro milik pihak ketiga.
Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index.
Pada tahun 2019, lebih dari 147.000 karyawan meraih total pendapatan 142 miliar Euro dan laba operasional sebesar 11,9 miliar Euro.
(*)