Find Us On Social Media :

Presiden Jokowi Tegaskan Vaksinasi Gratis Bagi Masyarakat, Berapa Lamakah Vaksin Covid-19 Mampu Melindungi Tubuh?

By Septiana Hapsari, Kamis, 17 Desember 2020 | 10:00 WIB

Ilustrasi vaksin virus corona.

GridPop.ID - Kabar gembira baru saja diumumkan di tengah peliknya pandemi Covid-19. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya memutuskan bahwa vaksin Covid-19 akan diberika secara gratis pada seluruh masyarakat.Melansir dari Kompas.com, keputusan ini diambil setelah para pemangku kepentingan menerima banyak masukan dan kritik dari masyarakat serta mengkalkulasi ulang keuangan negara. "Jadi setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali," kata Jokowi melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (16/12/2020).

Baca Juga: Pemerintah Terapkan Kebijakan Vaksin Covid-19 Mandiri Berbayar, Ahli Sebut Seharusnya Semuanya Vaksinasi Gratis dan Tak Dikomersiilkan, Begini AlasannyaAtas keputusan ini, Jokowi menginstruksikan jajarannya di semua kementerian/lembaga serta pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.Ia juga memerintahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk memprioritaskan dan merealokasi anggaran lain untuk program vaksinasi gratis.

Jokowi pun kembali menegaskan bahwa dirinya akan menjadi orang yang pertama kali divaksin di Indonesia. Hal ini demi memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin Covid-19 aman digunakan.

Baca Juga: Bikin Heboh Usai Dituding Tolak Vaksin Covid-19 Sinovac, PB IDI Akhirnya Beri Bantahan Keras: Jangan Ambil Ucapan Saya Sepotong-sepotong!