Find Us On Social Media :

Detik-detik Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ-182, Pilot Sempat Dipanggil ATC Bandara Soetta 11 Kali

By Andriana Oky, Jumat, 5 Februari 2021 | 14:30 WIB

Sriwijaya Air SJ 182

GridPop.ID - Penyebab jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 masih menjadi misteri hingga saat ini.

Penyeledikan pun masih terus dilakukan untuk mengetahui penyebab jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 pada Sabtu, (9/1/2021) lalu.

Nyaris sebulan peristiwa jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182, terungkap sebuah fakta.

Dilansir dari Tribunnews.com, Direktur Utama AirNav Indonesia, Pramintohadi Sukarno mengungkapkan air traffic controller (ATC) Bandara Soekarno-Hatta sempat memanggil pilot sebanyak 11 kali.

Baca Juga: 3 Tahun Lalu Pernah Diusir Iis Dahlia karena Bajunya Jelek dan Tak Pakai Makeup, Kontestan KDI Ini Ternyata Keturunan Bangsawan yang Disegani, Penampilannya Kini Bikin Pangling!

Proses kontak itu terjadi sebelum kecelakaan terjadi.

Tak hanya pihak ATC, penerbangan lain seperti Garuda Indonesia juga sempat berkomunikasi dengan SJ-182.

"ATC berusaha memanggil berulang kali sampai 11 kali, kemudian juga dibantu oleh beberapa penerbangan lain antara lain Garuda untuk mencoba melakukan komunikasi dengan SJ 182 namun tidak ada respons," ungkap Pramintohadi saat rapat bersama Komisi V DPR RI, Rabu (3/2/2021), dikutip Tribunnews dari Kompas.com.

Berikut kronologi waktu jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

Baca Juga: Sang Istri Jadi Bahan Gunjingan Seantero Negeri, Ardi Bakrie Tak Tinggal Diam dan Tulis Pesan Menyentuh dalam Unggahan Nia Ramadhani: Cie, Sok Puitis Gak?

14.36 WIB - Sriwijaya Air SJ-192 lepas landas dari runway 25 Bandara Soekarno-Hatta untuk bertolak ke Bandara Supadio, Pontianak.

Pesawat lalu melewati ketinggian 1.700 kaki dan diinstruksikan naik ke ketinggian 29.000 kaki, mengikuti standar alur keberangkatan.