Find Us On Social Media :

Jangan Anggap Enteng, Varian Mutasi Baru Virus Corona N439K Sudah Masuk Indonesia, Disebut Lebih Cerdas hingga Kebal Antibodi Vaksin Covid-19

By Septiana Hapsari, Minggu, 14 Maret 2021 | 08:30 WIB

Ilustrasi varian baru virus corona

GridPop.ID - Pandemi virus corona di Indonesia maupun duni belum juga menemukan titik terang.

Sudah berjalan satu tahun lebih, penyebaran virus Covid-19 belum juga mereda.

Akhir-akhir ini, di dunia satu per satu mulai ditemukan varian virus corona jenis baru.

Ya, virus corona ini mulai bermutasi dan muncul jenis-jenis baru yang disebut-sebut lebih mudah menyebar dari jenis sebelumnya.

Baca Juga: Waspada! Varian Baru Virus Corona Telah Masuk ke Indonesia, Berikut Sederet Informasi Soal Virus Corona B.1.1.7, Mulai Level Bahaya hingga Gejala yang Wajib Diwanti-wanti

Melansir dari Kompas.com, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Menular Langsung Ditjen P2P Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, varian virus corona N439K terdeteksi di Indonesia sejak November 2020.

"Sejak akhir November sudah dilaporkan ada N439K karena semua mutasi harus dilaporkan ke Global Initiative on Sharing All Influenza Data (GISAID)," kata Nadia, Sabtu (13/3/2021).

Namun, sampai dengan sekarang belum bisa dideteksi jumlah kasus virus corona N439K ini di Indonesia.

Mutasi virus corona N439K ini masih sangat baru dan masih dalam tahap kajian di Organisasi Kesehatan Duia (WHO).

Baca Juga: Tanggapi Santai 2 TKI yang Bawa Mutasi Virus Corona B.1.1.7, Jokowi Minta Masyarakat Tak Usah Panik: Belum Ada Penelitian yang Menunjukkan Varian Baru Ini Lebih Mematikan!