Find Us On Social Media :

Bibit Siklon Masih Terpantau di Lawut Sawu Selatan NTT, BMKG Peringatkan Hujan Petir Disertai Angin Kencang

By Andriana Oky, Selasa, 6 April 2021 | 16:42 WIB

Ilustrasi gelombang tinggi

GridPop.ID - Cuaca ekstrem diprediksi masih akan terjadi sepanjang hari ini di beberapa wilayah di Indonesia.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika juga memberikan peta sebaran gambaran potensi gelombang tinggi untuk perairan di beberapa wilayah Indonesia.

Dilansir dari BMKG via TribunWow.com, diungkapkan bahwa bibit silkon Tropis 99S terpantau masih berada di Laut Sawu Selatan yang membentuk daerah pertemuan dan perlembatan kecepatan angin (konvergensi).

Bentuk pertemuan ini memanjang dari Selat Makassar hingga wilayah NTT bagian Utara di Laut Timor serta membentuk Low Level Jet yang memanjang di Laut Flores, NTT, Laut Timor dan perairan Selatan NTT.

Keberadaan bibit siklon tropis 99S ini menimbulkan cuaca ekstrem berupa hujan sangt lebat, angin kencang, gelombang laut tinggi.

Baca Juga: Gaya Sederhana Selvi Ananda Ternyata Turunan Sang Ibunda, Intip Potret Kalem Tak Neko-neko Mertua Walikota Solo Saat Ketemu Besannya

Diberitakan Kompas.com, cuaca ekstrem ini menyebabkan bencana hidrometeorologi seperi banjir bandang di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Dari pengamatan BMKG pada Selasa (6/4/2021), pergerakan bibit siklon 99S dan 90S juga meningkatkan kecepatan angin (>25 kts) dan ketinggian gelombang (>2,5 meter) di sepanjang Low Level Jet tersebut.

Berikut peta sebaran gambaran potensi gelombang tinggi untuk perairan di beberapa wilayah Indonesia.

Potensi Tinggi Gelombang

Area Perairan Dengan Gelombang Sedang (1.25 - 2.50 m)

Baca Juga: Nekat Melayat Ibu Tien Padahal Keluarga Cendana Jelas-jelas Menolaknya Jadi Mantu, Mayangsari Dituding Cuma Cari Muka Usai Singkirkan Halimah, Kerabat Bambang Trihatmodjo: Trik Murahan!