Find Us On Social Media :

Imbas Pandemi Covid-19, Sejumlah Pusat Perbelanjaan Ini Sepi Pengunjung, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia Ungkap Dampak Terburuk

By Lina Sofia, Jumat, 3 September 2021 | 15:02 WIB

Ilustrasi Sejumlah Pusat Perbelanjaan yang Bakal Tutup dan Dijual

GridPop.ID - Imbas pandemi Covid-19 salah satunya berdampak pada sektor ekonomi.

Sejumlah pusat perbelanjaan di berbagai daerah tampak sepi pengunjung, bahkan sampai terancam akan ditutup.

Walaupun saat ini sudah ada pelonggaran PPKM berlevel, ini tak serta merta bisa dengan cepat menutup kerugian dibulan-bulan sebelumnya.

Dilansir dari Tribun Jateng, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menyebut sejumlah pusat perbelanjaan atau mal berpotensi ditutup selamanya atau dijual.

Hal itu terpaksa dilakukan menyusul habisnya dana cadangan akibat dampak pandemi covid-19 dan pembatasan mobilitas masyarakat.

"Ada beberapa pusat perbelanjaan yang berpotensi tutup ataupun dijual, dan bukan hanya di daerah tertentu saja, banyak terjadi di hampir semua daerah," kata Ketua Umum APPBI, Alphonzus Widjaja, saat dihubungi, Rabu (1/9).

Namun, ia tidak dapat menyebutkan secara terperinci pusat perbelanjaan mana saja yang akan ditutup atau dijual, karena dinilai dapat mengganggu upaya proses penyelamatan yang sedang diupayakan masing-masing pusat perbelanjaan.

"Pandemi yang berkepanjangan dengan berbagai pembatasan yang diberlakukan pemerintah membuat banyak pusat perbelanjaan kehabisan dana cadangan untuk bertahan," paparnya.

Baca Juga: PPKM Diperpanjang Lagi, Aturan Anyar Perbolehkan Mall Kembali Buka Sampai Malam dengan Perhatikan Syarat Wajib Ini