Find Us On Social Media :

Mulai Tahun 2022 Layanan BPJS Kesehatan Kelas 1-3 Dihapus dan Disamakan dengan KRIS, Ini Tujuan dan Gambaran Perubahan yang Bakal Terjadi

By None,Lina Sofia, Kamis, 23 Desember 2021 | 17:02 WIB

BPJS Kesehatan

GridPop.ID - Beredar kabar bahwa mulai tahun 2022 Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan berencana untuk mengubah penerapan kelas pelayanan di fasilitas kesehatan.

Rencananya, tidak ada lagi kelas 1, 2, 3, untuk BPJS Kesehatan di tahun depan, maka diganti menjadi “kelas standar”.

Semua kelas itu akan dibuat standar dan sama, yakni Kelas Rawat Inap Standar atau KRIS.

Lalu apa yang kiranya bakal berubah jika kelas BPJS Kesehatan dihapus dan layanan disamakan dengan KRIS?

Dilansir Parapuan.co dari Kompas.com, rencana pemberlakuan kelas standar itu akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan kesiapan rumah sakit.

Asih Eka Putri, Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN), menuturkan bahwa kelas rawat inap standar pelaksanaannya sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Pernyataan tentang jika peserta BPJS Kesehatan membutuhkan rawat inap di rumah sakit, maka kelas pelayanan di rumah sakit diberikan berdasarkan kelas standar, terlampir dalam Pasal 23 Ayat (4).

Di samping itu disebutkan pula jika pemerintah akan menetapkan manfaat jaminan kesehatan sesuai kebutuhan dasar kesehatan dan rawat inap kelas standar paling lambat Desember 2020 dalam Pasal 54A Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2020.

Baca Juga: Siap-siap, Layanan BPJS Kesehatan Kelas 1-3 Segera Dihapus dan Diganti Kelas Standar Mulai 2022, Begini Gambarannya