Find Us On Social Media :

Dibentuk sejak 7 Tahun Silam, RANS Entertainment Berubah Jadi Perusahaan Raksasa, Intip Gurita Bisnis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Kini

By Andriana Oky, Selasa, 22 Februari 2022 | 13:02 WIB

Logo RANS Entertainment terpampang nyata di Pesawat Garuda.

GridPop.ID - RANS Entertainment merupakan salah satu kanal YouTube terbesar dan ternama di Tanah Air.

Kanal YouTube yang digawangi oleh Raffi Ahmad dan Nagita Slavina ini kini sudah memiliki 23 juta subscriber.

Menjadi salah satu kanal YouTuber terbesar di Tanah Air, rupanya RANS Entertainment sendiri sudah melebarkan sayapnya ke berbagai sektor bisnis.

Dibentuk sejak 27 Desember 2015 silam, RANS Entertainment kini berubah menjadi kerajaan bisnis ternama.

Dilansir dari Serambinews.com, seiring berjalannya waktu, RANS Entertainment tak hanya kanal YouTube dan rumah produksi konten hiburan saja.

Kini terdapat RANS music, PowerRANSgers, RANS Animation Studio, RANS Esport, Toko Mama Gigi by Nagita Slavina, Mylk, RANS Zoo, RANS Cilegon Football Club, hingga RANS PIK Basketball.

RANS Entertainment juga merambah dunia Metaverse melalui RansVerse dan berencana membuat non fungible token (NFT).

Wacana RANS Entertainment untuk melantai di bursa saham atau Initial Public Offering (IPO) juga santer terdengar.

Di luar Raffi-Nagita, sejumlah sosok besar pun turut terlibat dalam bisnis RANS Entertainment. Sebelumnya, terdapat PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) yang membeli 17% saham RANS Entertainment dengan nilai transaksi mencapai Rp 248 miliar.

Baca Juga: Sudah Tajir Sebelum Diangkat Jadi Adik oleh Raffi Ahmad, Dimas Ramadhan Kini Menghilang, Karyawan RANS Sampai Bongkar Tabiat Kembaran Sultan Andara!

Aksi korporasi ini dilakukan Grup Emtek melalui cucu usaha, PT Indonesia Entertainment Group (IEG), yang merupakan anak usaha PT Surya Citra Media Tbk (SCMA).

Selain itu, RANS Entertainment menyuntikan modal senilai Rp 37,75 miliar kepada Noice.

Noice merupakan start-up bidang platform konten audio dan podcast milik PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) yang terafiliasi dengan Menteri BUMN Erick Thohir.

Pengamat Pasar Modal dan Direktur Avere Investama Teguh Hidayat mengatakan, sebagai entitas usaha, RANS Entertainment jelas memiliki prospek bisnis yang menjanjikan berkat popularitas pendirinya, Raffi-Nagita.

“Secara branding, RANS sangat kuat dan jarang ada berita yang negatif soal mereka,” imbuh dia, Senin (21/2/2022).

Lanjut menurutnya, Raffi adalah selebriti yang unik. Hanya berkecimpung di dalam negara dan industri hiburan Tanah Air, sudah mampu membuatnya menjadi orang terpopuler di Tanah Air.

“Follower Instagram Raffi mencapai lebih 50 juta, padahal jumlah user Instagram Indonesia rasanya tidak sampai 200 juta. Ini jumlah yang sangat besar,” tutur Teguh.

Nama besar Raffi jelas menjadi daya tarik bagi para investor strategis untuk bekerja sama dengan RANS Entertainment.

Timbal baliknya, mereka bisa memanfaatkan pamor Raffi untuk mempromosikan dan mempopulerkan produk atau brand-nya.

Baca Juga: Resmi Jadi Komisaris Sekaligus Tukang Timpuk Raffi Ahmad, Terkuak Segini Perkiraan Gaji Kaesang Pangarep di RANS Entertainment

Kesuksesan Raffi dan Gigi membawa RANS Entertainment menjadi salah satu perusahaan bisnis yang sukses ini membuat keduanya 'mampir' di majalah Forbes.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina baru-baru ini menghiasai sampul majalah Forbes.

Dalam foto itu, Raffi dan Nagita kompak mengenakan baju warna hitam. Pada cover Majalah tersebut, ada narasi bertuliskan "The Sultan of Content".

Dikutip dari Grid.ID, Forbes punya alasan soal Raffi Ahmad dan Nagita Slavina di cover majalah bisnis itu.

Kami telah memilih lima pencipta yang telah membangun ketenaran dan kekayaan mereka melalui berbagai platform digital dan bertujuan untuk memposting konten media sosial yang positif, termasuk cerita sampul kami Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang telah berubah dari penghibur menjadi pengusaha melalui perusahaan mereka, RANS Entertainment."

(Dengan terlibat secara dekat dan memanfaatkan audiens mereka, para pembuat konten ini menggunakan platform mereka untuk tujuan selain hiburan, seperti menyuarakan pesan sosial di masa-masa sulit ini, membantu UMKM, dan memperluas pembuatan konten mereka menjadi bisnis yang mapan—yang tidak diabaikan oleh merek ketika ingin berkolaborasi dengan pembuat konten yang sesuai dengan kampanye mereka.

Kami berharap dapat memperluas daftar ini di masa mendatang karena semakin banyak pembuat konten yang memasuki industri ini.) tulis akun Forbes dalam penjelasannya pada unggahan mereka.

GridPop.ID (*)

Baca Juga: Gandeng Putra Bungsu Jokowi Jadi Komisaris RANS Entertainment, Raffi Ahmad Bocorkan Cita-cita Mulianya: Kedepan RANS Bukan Milik Raffi Gigi Lagi