Find Us On Social Media :

Bacaan Doa dan Adab Sebelum Tidur, Dijamin Nyenyak dan Bebas Gangguan Jin, Amalkan Mulai Malam Ini!

By Arif B, Rabu, 16 Maret 2022 | 06:32 WIB

Ilustrasi tidur

GridPop.ID - Bagi umat muslim, tidur adalah ibadah jika sebelumnya didahului dengan bacaan doa adab seperti yang sudah dicontohkan Rasulullah SAW.

Bacaan doa dan adab sebelum tidur yang diamalkan dapat membuat istirahat malammu lebih nyenyak dan bebas dari gangguan jin atau setan.

Lantas, apa saja bacaan doa dan adab sebelum tidur?

Mengambil penjelasan kitab Aadaab Islaamiyyah, karya Syaikh ‘Abdul Hamid bin ‘Abdirrahman as-Suhaibani yang dilansir dari KompasTV, berikut ini adalah rincian adab tidur dalam Islam.

1. Hendaknya tidur dalam keadaan suci (sudah berwudhu’ terlebih dahulu) sebagaimana hadits :

“Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu’ terlebih dahulu sebagaimana wudhu’mu untuk melakukan shalat.” (HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710).

2. Hendaknya mendahulukan posisi tidur di atas sisi sebelah kanan (rusuk kanan sebagai tumpuan) dan berbantal dengan tangan kanan, tidak mengapa apabila setelahnya berubah posisinya di atas sisi kiri (rusuk kiri sebagai tumpuan).

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam :

“Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710).

Baca Juga: Bulan Suci Ramadan 2022 Tinggal di Depan Mata, Ini 3 Bacaan Doa yang Bisa Diamalkan Setalah Salat Fardhu, Seperti yang Dicontohkan Rasulullah SAW

3. Tidak dibenarkan telungkup dengan posisi perut sebagai tumpuannya baik ketika tidur malam ataupun tidur siang. Sebagaimana hadits :

“Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai oleh Allah ‘Azza Wa Jalla.” (HR. Ahmad, Tirmidzi dan Abu Daud, dengan sanad yang shahih).