Find Us On Social Media :

Tips Sehat Saat Puasa Ramadan 2022, Konsumsi Vitamin & Makanan Mengandung Karbohidrat Kompleks Sangat Penting, Ahli Beberkan Alasannya

By Ekawati Tyas, Minggu, 27 Maret 2022 | 18:42 WIB

Ilustrasi puasa Ramadan

GridPop.ID - Ibadah puasa Ramadan 2022 akan segera tiba.

Tahun ini bulan puasa masih berdampingan dengan pandemi Covid-19 yang belum usai.

Nah, berhubung virus corona masih ada maka wajib menjaga imunitas tubuh selama berpuasa.

Dilansir dari Tribun Ramadan, upaya peningkatan imunitas dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan vitamin.

dr. Pinky Regina Garmiati dari Balai Kesehatan Olah Raga Masyarakat (BKOM) Bandung menerangkan, konsumsi makanan berat dapat dilakukan setelah melaksanakan salat maghrib.

Tujuannya yaitu untuk mengembalikan energi serta cairan yang hilang setelah seharian berpuasa.

Sama seperti saat sahur, makanan yang dikonsumsi pun harus mengandung karbohidrat kompleks, protein nabati dan hewani.

"Setelah salat maghrib, makan makanan yang berat seperti waktu saat sahur, ada karbohidrat kompleksnya, ada protein nabati, ada protrin hewani, sayuran dan buah-buahan," ujar dr Pinky, dalam talk show live Instagram @radiokesehatan, Jumat (16/4/2021).

Konsumsi vitamin dan mineral yang seimbang selama ramadan juga berfungsi untuk menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah terkena penyakit pada saat menjalani ibadah puasa.

Baca Juga: Resep Takjil Khas Ramadhan: Es Oyen, Kreasi Minuman Segar yang Pas Untuk Mendinginkan Kerongkongan yang Kering Selama Puasa

"Selama masa pandemi ini, vitamin dan mineral dibutuhkan untuk menambah kekebalan tubuh, jadi itu boleh dimakan tapi tidak perlu berlebihan," kata dr Pinky.

Bukan itu saja, konsumsi air putih juga penting.