Find Us On Social Media :

Say No to Tubuh Lebar-an saat Lebaran, Lakukan Tips Berikut Ini Agar Berat Badan Tetap Ideal Meski Seharian Full Wisata Kuliner di Rumah Para Kerabat

By Ekawati Tyas, Selasa, 3 Mei 2022 | 12:32 WIB

Ilustrasi Lebaran

GridPop.ID - Bulan puasa telah usai, saatnya umat Muslim menyambut Hari Kemenangan.

Nah, biasanya akan ada banyak jenis hidangan yang disajikan saat Hari Lebaran.

Tapi ingat, jangan sampai kalap karena makanan yang biasa dihidangkan kaya akan lemak, manis, serta gurih dan bisa membuat berat badan naik drastis.

Dilansir dari Wartakotalive.com, Dokter spesialis gizi klinis dr. Vikie Nouvrisia Anandaputri, M.Gizi, Sp.GK., mengatakan bahwa bulan Ramadan sebenarnya bisa menjadi cara untuk kembali berkomitmen menjalani gaya hidup sehat dan seimbang.

“Karena di bulan Suci ini, kita diajar untuk memiliki kesadaran untuk mengendalikan diri secara menyeluruh, baik dengan cara mengatur kebiasaan makan hingga mengatur emosi.

Ini mengapa puasa bermanfaat langsung untuk kesehatan fisik dan mental," ujarnya, dalam Program edukasi kesehatan Good Doctor Technology Indonesia (GDTI) yang berkolaborasi dengan The London School of Public Relation (LSPR) Communication & Business Institute belum lama ini.

Jangan sampai kebiasaan mengatur pola makan yang sebelumnya sudah tertata seketika runtuh saat hari Lebaran.

Berikut ini tips pola makan saat Idul Fitri agar berat badan tak naik drastis.

- Makan sesuai jam makan, sebab kebiasaan ini akan mengontrol asupan kalori.

Baca Juga: Bikin Nyaman Gerak Tapi Tetap Stylish Saat Lebaran, Berikut 5 Gaya Selebgram Berhijab Pakai Kulot yang Bisa Jadi Inspirasi Fashion Hari Raya Idul Fitri

“Meski Idul Fitri hari spesial, tapi tetaplah makan sesuai jam makan dengan makan besar tetap tiga kali yaitu sarapan, makan siang dan makan malam," katanya.

Sebagai makanan pembuka, sebaiknya pilih makanan berserat tinggi.