Find Us On Social Media :

Jangan Tertipu dengan Lezatnya Hidangan Ramadan, Sederet Penyakit Ini Menghantui Pasca Lebaran, Ahli Gizi Beri Peringatan Ini

By Andriana Oky, Rabu, 4 Mei 2022 | 19:03 WIB

Penyakit Ini Menghantui Pasca Lebaran, Ahli Gizi Beri Peringatan Ini

GridPop.ID - Hari Raya Idul Fitri identik dengan beragam hidangan lebaran di atas meja.

Kue kering tinggi gula hingga makanan bersantan seperti opor menjadi salah satu hidangan khas Lebaran.

Namun satu yang perlu diingat adalah resiko jika terlalu banyak mengonsumsi hidangan lebaran untuk kesehatan.

Diberitakan GridPop.ID sebelumnya diungkapkan terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dan berlemak bisa menimbulkan kesehatan di kemudian hari.

Nutrition & Wellness Consultant Nutrifood, Moch. Aldis Ruslialdi, SKM, CNWC menyebut, terlalu banyak menyantap makanan bersantan -misalnya, akan meningkatkan asupan lemak jenuh.

"Karena kan memang santan sumber lemak jenuh, tidak bisa dipungkiri ujung-ujungnya kolesterol akan semakin buruk, dan risiko penambahan plak di pembuluh darah juga akan semakin tinggi," demikian diungkapkan Aldis dalam sesi kulwap media, Jumat (22/5/2020) lalu yang dikutip via Kompas.com.

Sementara itu, Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia cabang DKI-Jakarta (PDGKI-Jaya) dr. Ida Gunawan, M.S, Sp.GK, M.Kes (K), FINEM juga menyampaikan hal senada.

Ia mengingatkan ada 5 jenis penyakit setelah Lebaran yang perlu diwaspadai.

Berikut 5 jenis penyakit dimaksud serta penjelasannya seperti yang dikutip dari laman IDEA Online.

Baca Juga: Ajak Pacar Mudik Lebaran, Pria Ini Malah Terpisah dengan Kekasihnya di Pelabuhan Merak, Petugas Gercep Umumkan di Hadapan Ratusan Pemotor