Find Us On Social Media :

Penyakit Misterius Hepatitis Akut yang Menyerang Anak Mulai Menyebar ke Daerah, Kemenkes Beri Peringatan

By Sintia N, Sabtu, 7 Mei 2022 | 06:02 WIB

Ilustrasi penyakit hepatitis akut pada anak

GridPop.ID - Umat muslim kini tengah semarak menyambut hari kemenangan atau Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Sebagian masyarakat pun melakoni tradisi mudik lebaran yang 2 tahun belakangan ini dilarang oleh pemerintah.

Namun ditengah euforia menyambut hari lebaran itu, para orang tua justru harus dihantui dengan kemunculan penyakit misterius baru yang menyerang anak-anak.

Dilansir dari Kompas.com, pergerakan para pemudik tahun ini terpantau cukup tinggi.

Moda transportasi umum mulai dari bus, kereta hingga kapal dan pesawat pun masih menjadi pilihan para pemudik.

Jumlah pergerakan penumpang angkutan umum sejak Senin (25/4/2022) hingga H+1 Lebaran atau Rabu (4/5/2022) tertinggi pada angkutan penyeberangan.

Data itu dihimpun dari Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2022 berdasarkan pemantauan di 111 terminal bus, 16 pelabuhan penyeberangan, 51 bandar udara, 110 pelabuhan laut, dan 13 Daop/ Divre.

"Pergerakan penumpang angkutan penyeberangan masih yang tertinggi yaitu sebanyak 2.158.947 penumpang," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati dalam keterangannya, Kamis (5/5/2022).

Sayang kebahagiaan para pemudik itu harus dibayangi oleh penyakit misterius baru yang menghantui anak-anak, yakni Hepatitis Akut.

Baca Juga: 2 Tahun Biayai Noah Sinclair Seorang Diri, BCL Diterawang Akan Alami Hal Ini Dalam Kariernya, Kondisi Keuangan Dikuliti

Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan beberapa laporan kasus hepatitis akut 'misterius' mulai menyebar ke daerah di Indonesia.

Hepatitis yang tidak diketahui etiologinya (Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology) ini masih dalam investigasi atau pemeriksaan laboratorium.