Find Us On Social Media :

Angka Positif Covid-19 Kian Melesat hingga Tembus Seribu Kasus, Menkes Singgung Aturan Penggunaan Masker di Luar Ruangan: Boleh Dibuka, tapi...

By Lina Sofia, Minggu, 19 Juni 2022 | 20:22 WIB

Kasus covid-19 kembali melonjak, bagaimana terkait aturan bermasker di luar ruangan.

GridPop.ID - Waspada!Kasus Covid-19 di Indonesia kini kembali mengalami kenaikan.

Saat ini terjadi terjadi seiring teridentifikasinya subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 yang telah masuk ke Indonesia.

Bahkan, kasus harian tercatat mencapai lebih dari 1.000 kasus dalam tiga hari berturut-turut, yakni pada 15, 16, dan 17 Juni 2022.

Tingginya kasus konfirmasi Covid-19 itu menimbulkan pertanyaan terkait aturan mengenakan masker ketika berada di luar ruangan.

Lantas, amankah melepas masker di luar ruangan ketika kasus Covid-19 kembali meningkat?

Melasir Kompas Tren, penjelasan Epidemiolog Epidemiolog Griffith University Australia, Dicky Budiman mengatakan bahwa masyarakat sebaiknya waspada terhadap penularan subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

"Subvarian ini makin kuat kecenderungannya, titer virusnya itu lebih banyak sekali di hidung dan juga termasuk di rongga mulut," jelas Dicky, saat dihubungi oleh Kompas.com (18/6/2022).

"Dan ini yang artinya memberi pesan penting bahwa penting banget itu memakai masker untuk mencegah penularan," imbuhnya.

Terkait dengan aturan pelonggaran bermasker di luar ruangan, Dicky mengimbau agar masyarakat kembali melihat konteks situasinya.

Baca Juga: Angka Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Kembali Melonjak, Presiden Jokowi Minta Vaksin Booster Diwajibkan Bagi Penyelenggara Acara Besar, Ini Alasannya

"Saya kira itu harus melihat konteksnya ya, karena tidak serta merta luar ruangan itu aman," papar Dicky.

Terdapat beberapa faktor yang perlu untuk dipertimbangkan kembali ketika seseorang memutuskan untuk tidak bermasker saat di luar ruangan, di antaranya sirkulasi udara hingga kepadatan masyarakat.