Find Us On Social Media :

Kasus Harian Covid-19 di Indonesia Kembali Menggila, Bagi Kelompok Masyarakat yang Masuk dalam Kategori Ini Diimbau untuk Pakai Masker di Luar Ruangan!

By Lina Sofia, Jumat, 24 Juni 2022 | 13:02 WIB

(Ilustrasi) Covid-19 Omicron BA.4 dan BA.5

GridPop.ID - Kasus Covid-19 di Indonesia kini kembali mengalami pelonjakan kasus.

Kasus Covid-19 yang teridentifikasi baru-baru ini yakni subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

Diketahui provinsi DKI Jakarta menjadi wilayah yang menyumbang kasus positif Covid-19 terbanyak pada hari ini yaitu sejumlah 1.054 kasus.

Dilansir dari Kompas.com, Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril mengatakan, kenaikan kasus Covid-19 dalam beberapa hari terakhir harus lebih diwaspadai.

Seluruh pihak mesti memperketat protokol kesehatan di sejumlah tempat, seperti ruang publik yang kerap dijadikan tempat berkumpul.

"Waspada dari mana? Dari seluruhnya baik itu pintu masuk, di masyarakat, di tempat-tempat sering berkumpul," kata Syahril dalam diskusi secara virtual, Kamis (23/6/2022).

Syahril mengatakan, masyarakat diharapkan tetap berhati-hati terhadap penularan virus Corona dengan tetap menggunakan masker meski berada di luar ruangan. 

Ia mengatakan, pelonggaran penggunaan masker di area terbuka tidak serta merta diartikan menjadi bebas masker.

"Jangan sampai nanti ada euforia ada pelonggaran pakai masker maka semuanya tidak pakai masker, bukan begitu," ujarnya.

Baca Juga: Angka Positif Covid-19 Kian Melesat hingga Tembus Seribu Kasus, Menkes Singgung Aturan Penggunaan Masker di Luar Ruangan: Boleh Dibuka, tapi...

Lebih lanjut, Syahril mengatakan, sudah saatnya masyarakat kembali meningkat kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta mengikuti program vaksinasi Covid-19.

"Kita sering dengar kita bersahabat atau terbiasa hidup berdampingan dengan Omicron, (jadi) boleh ada Omicron tapi kita tak sakit berat," ucapnya.