Find Us On Social Media :

Idap Unspecified Bipolar Disorder, Selebgram Ini Tak Malu Akui Dirinya Sempat Masuk RSJ Karena Gangguan Mental, Begini Caranya Berdamai dengan Diri Sendiri!

By Arif B,None, Rabu, 27 Juli 2022 | 17:01 WIB

Yovania Asyifa Jami

GridPop.ID - Mengidap gangguan mental acap kali dinilai sebagai aib sehingga orang cenderung menutupinya.

Namun beda hal dengan selebgram satu ini yang tidak malu mengakui dirinya sempat masuk RSJ karena idap unspesified bipolar disorder.

Bahkan, selebgram satu ini kini membagikan caranya berdamai dengan diri sendiri kepada banyak orang yang juga sedang berjuang menghadapi gangguan mental.

Ia adalah Yovania Asyifa Jami. Dalam Podcast Cerita Parapuan mendatang yang bertajuk 'Siapa Bilang ODGJ Enggak Bisa Sembuh?', Yovania Asyifa Jami menceritakan kisahnya.

Yovania Asyifa Jami dikenal sebagai perempuan di balik akun @rsjsurvivor di TikTok yang membagikan informasi soal kesehatan mental.

Yova adalah seorang perempuan muda yang didiagnosa dengan masalah kesehatan mental unspecified bipolar disorder.

Menurut keterangan Yova, unspescified bipolar disorder adalah gangguan bipolar yang tidak terdefinisikan dan memenuhi kriteria bipolar tipe I ataupun II.

Akibat gangguan mental tersebut, Yova pun menghabiskan sedikit waktu dari masa mudanya di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) sebagai pasien ODGJ (Orang dalam Gangguan Jiwa).

Alih-alih malu dan menutupi kondisi tersebubt, Yova justru kini dengan terbuka berbagi pengalamannya sebagai mantan pasien RSJ yang berhasil masuk ke salah satu kampus bergengsi, yaitu Universitas Indonesia.

Baca Juga: Mulutnya Asal Jeplak Sampai Bikin Geger Satu Indonesia, Sheila Salsabila Ternyata juga Punya Gangguan Mental, Kini Minta Maaf Akui Kesalahan!

Sebelum memberanikan diri untuk terbuka lewat konten-konten TikTok-nya, Yova menjalani proses penerimaan diri yang tentu saja tidak mudah.

Dalam wawancara bersama PARAPUAN pada Jumat (8/7/2022), Yova membagikan proses penerimaan dirinya tersebut.