Find Us On Social Media :

Bisa Beresiko Mematikan! Simak Tips Hidup Penggunaan Skin Care yang Benar Agar Terhindar dari Kanker Kulit, Perhatikan Juga Kebiasaan-kebiasaan Ini yang Sering Dianggap Sepele

By Lina Sofia, Rabu, 31 Agustus 2022 | 12:02 WIB

Tips hidup memakai skin care untuk cegah kanker kulit

 

GridPop.ID - Cuaca panas dengan suhu udara yang sangat tinggi bisa berpotensi meningkatkan kanker kulit yang beresiko mematikan.

Untuk mencegah terjadinya kanker kulit, Anda perlu tips hidup memakai skin care yang benar.

Kanker kulit adalah pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal dan biasanya terjadi akibat paparan sinar matahari berlebih serta sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya.

Ada tiga bentuk kanker kulit yang paling umum terjadi yakni karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma.

Mengutip Kompas.com, dijelaskan oleh ilmuwan klinis yang memimpin kelompok penelitian di University of Leeds, Julia Newton-Bishop, melanoma adalah penyakit yang disebabkan sengatan sinar Matahari.

Sementara itu, pakar ilmu iklim di University of Bristol Prof Dann Mitchell menuturkan, hubungan antara cuaca yang lebih panas dan kesehatan mungkin terjadi secara tidak langsung.

Namun salah satu tanda paling jelas dari perubahan iklim, katanya, adalah suhu yang meningkat di sepanjang tahun.

Nah, untuk itulah jangan sampai Anda melewatkan lima tips hidup menggunakan skin care yang benar  sekaligus kebiasaan ini untuk mencegah kanker kulit seperti dilansir oleh Tribun Batam dari Brentwood Dermatology dan Dermstore.

- Pakai sunscreen berspektrum luas setiap hari

Memakai sunscreen berspektrum luas atau broad-spectrum sunscreen minimal SPF 15 setiap hari dapat mencegah karsinoma sel skuamosa hingga 40 persen dan mengurangi risiko melanoma hingga 50 persen.

Selain digunakan di hari cerah, sunscreen jenis ini juga wajib Anda pakai saat cuaca mendung.

Baca Juga: Banyak yang Salah Kaprah, Ternyata Bagian Kuning di Spons Cuci Piring Bukan Buat Bersihkan Sisa Makanan & Minyak, Begini Tips Hidup Cuci Piring yang Benar Agar Hasilnya Kinclong!