Find Us On Social Media :

35 Tahun Mengabdi, Kisah Mahdar Suhendar Guru Honorer di Bandung Barat Ini Akhirnya Diangkat Jadi PPPK, Hidupi 3 Anak dengan Upah yang Bikin Syok!

By Lina Sofia, Jumat, 16 September 2022 | 09:02 WIB

Mahdar Suhendar saat ditemui setelah menerima surat keputusan SK.

GridPop.ID - Guru honorer di Indonesia kerap menerima gaji yang jauh dari kaya layak walaupun sudah mengabdi belasan hingga puluhan tahun tanpa kepastian.

Seperti kisah yang dialami oleh guru honorer di Kabupaten Bandung Barat.

Guru honorer ini butuh waktu selama 35 tahun untuk akhirnya mendapat kejelasan nasib.

Pengabdian puluhan tahun Mahdar Suhendar (55) seorang guru honorer ini akhirnya diganjar surat keputusan (SK) pengangkatan guru berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Melansir Kompas.com, duduk di atas kursi roda di pojok deretan belakang, Mahdar Suhendar (55) sudah mengenakan seragam rapi warna hitam-putih siap antre menunggu panggilan.

"Sudah nunggu-nunggu dari dulu. Akhirnya alhamdulillah sekarang bisa terima SK PPPK dari Dinas Pendidikan. Kemarin berhasil lolos tahap dua," ujar Mahdar saat ditemui, Rabu (14/9/2022).

Selama puluhan tahun, Mahdar mengabdikan diri di dua sekolah menengah pertama (SMP) di wilayah pelosok Bandung Barat bagian selatan.

Dua SMP itu yakni SMP Negeri 2 Gununghalu dan SMP Al Fatah.

Tahun 1987 ia mulai menginjakkan kaki menjadi seorang guru. Selama puluhan tahun itu, Mahdar bertahan hidup menjadi tulang punggung keluarga dengan upah seadanya.

Baca Juga: GEGER! Video Durasi 2 Menit 50 Detik Berisi Adegan Syur 2 Oknum Guru Selingkuh Dikirim ke Grup WA PGRI, Begini Aksi Pelaku Usai Adegan Mesum Viral

"Saya mulai nge-honor dari tahun 1985 dengan honor mulai Rp 2.500 per bulan waktu itu. Dari honor itu meningkat perlahan hingga sekarang Rp 250.000," ungkap Mahdar.

Profesi guru honorer nyatanya tidak gampang, upah ala kadarnya untuk menghidupi dan membesarkan tiga anaknya menjadi tantangan yang berat bagi Mahdar.