Find Us On Social Media :

Ahli Soroti Pengakuan Putri Candrawathi Ngaku Dibanting hingga Dilecehkan Brigadir J: Salah Satu Strategi

By Andriana Oky, Kamis, 15 Desember 2022 | 16:02 WIB

Pakar nilai tangisan Putri Candrawathi hanya manipulatif

GridPop.ID - Kesaksian Putri Candrawathi terkait pelecehan seksual yang dialaminya mendapat komentar negatif dari beberapa pihak.

Salah satunya adalah Psikolog Forensik, Reza Indragiri yang merasa sangsi dengan pengakuan Putri Candrawathi.

Menurut Reza Indragiri, Putri Candrawathi tidak menunjukkan kondisi psikologis seorang korban pemerkosaan.

Pasalnya, Putri Candrawathi hanya membutuhkan waktu hitungan menit untuk kembali bertemu Brigadir J yang ia sebut pemerkosanya.

Reza menilai jika pengakuan Putri menjadi salah satu upaya untuk mendapatkan simpati dan keringanan hukum.

"Salah satu cara atau strategi yang bisa dilakukan di ruang persidangan adalah dengan memainkan atribusi eksternal, yaitu bagaimana agar pertanggung jawaban itu digeser semaksimal mungkin ke pihak lain," kata Reza Indragiri dikutip dari TribunnewsBogor.com

Atribusi eksternal yang dimaksud kata dia, yakni menggiring agar pihak lain itu salah dengar, pihak lain itu salah tafsir, dan pihak lain salah menjalankan perintah.

"Itu narasi-narasi yang saya pikir berulang kali coba diangkat baik oleh FS maupun kali ini oleh PC, yaitu atribusi eksternal," jelasnya.

Reza lantas menjelaskan jika korban perkosaan setidaknya akan melalui tiga tahap pemulihan untuk menyembuhkan trauma akibat pelecehan yang dialami.

Baca Juga: Rambut dan Tempat Tidur Putri Candrawathi Berantakan, Kuat Maruf Beberkan Kejadian di Magelang: Ada Seprei Ketarik