Find Us On Social Media :

Segudang Manfaat Minum Air Hangat saat Sahur dan Berbuka, Segala Masalah Pencernaan Dijamin Bisa Teratasi

By Lina Sofia, Rabu, 29 Maret 2023 | 03:02 WIB

Manfaat minum air putih hangat saat sahur dan berbuka puasa

GridPop.ID - Air hangat yang diminum saat sahur dan berbuka puasa memiliki khasiat yang luar biasa untuk tubuh.

Jika Anda termasuk orang yang terbiasa dengan sahur dan berbuka puasa dengan minum air hangat maka teruskan kebiasaan tersebut.

Pasalnya, air hangat dianggap lebih baik dari pada air dingin apalagi dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

Dilansir artikel Kontan.co.id, Kompas.com (25/4/2020), Dokter Umum RS PKU Muhammadiyah Surakarta, dr. Dien Kalbu Ady, berpandangan alangkah baiknya bagi orang-orang untuk bisa mengawali buka puasa dengan minum air hangat ketimbang air dingin.

Itu karena air hangat tak akan banyak menimbulkan efek samping seperti air dingin atau es ketika dikonsumsi saat buka puasa.

Dr. Dien menerangkan, minum air dingin atau es saat perut dalam kondisi kosong setelah puasa bisa memicu kontraksi pada lambung. Itu karena lambung baru saja menerima cairan dengan suhu yang jauh beda dari suhu tubuh.

Alhasil, mengawali buka puasa dengan minum air dingin bisa menyebabkan gangguan pencernaan bagi yang melakukannya. Kondisi ini terutama dapat terjadi pada penderita penyakit maag.

Minum air dingin saat buka puasa juga bisa memicu seseorang menjadi lebih mudah sakit.

Hal itu dikarenakan, salah satu efek dari minum air dingin ketika buka puasa adalah dapat memicu produksi lendir berlebih pada tubuh.

Sementara, kelebihan lendir ini bisa menurunkan fungsi sistem pertahanan tubuh sehingga mudah terserang infeksi atau penyakit.

Minum air dingin juga memiliki efek dapat menimbulkan sakit kepala meski tarafnya ringan.

Baca Juga: Penderita Diabetes Bisa Sujud Syukur, Ini loh Manfaat Puasa Ramadhan yang Bisa Kamu Rasakan