Find Us On Social Media :

Wanita Juga Bisa! Berikut 4 Penyebab Disfungsi Seksual Pada Kaum Hawa saat Hubungan Intim

By Ekawati Tyas, Senin, 19 Juni 2023 | 18:30 WIB

ilustrasi pasangan suami istri

GridPop.ID - Penyebab disfungsi seksual pada wanita saat hubungan intim.

Siapa bilang hanya pria saja yang bisa mengalami disfungsi seksual, wanita juga bisa.

Melansir Kompas.com, dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi, dr Grace Valentine SpOG mengatakan bahwa ketidakpuasan wanita saat hubungan intim juga bisa memengaruhi pasangannya.

Ketidakmampuan untuk menikmati hubungan seksual secara penuh ini termasuk disfungsi seksual.

"Banyak yang mengaku hal ini (disfungsi seksual) tidak penting dibahas, tetapi sebenarnya disfungsi seksual akan memengaruhi seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-hari," kata Grace dalam sebuah acara bertajuk Vaginismus dan Difungsi Seksual Perempuan, Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Nah, berikut penyebab disfungsi seksual pada wanita yang harus diketahui.

- Kondisi Fisik

Masalah pada fungsi seksual wanita bisa disebabkan oleh gangguan pada organ genitalia, bekas operasi daerah genitalia atau medis.

Penyebab lain yaitu lantaran sejumlah penyakit tertentu, seperti diabetes, penyakit jantung, penyakit saraf, ketidakseimbangan hormon, dan penyakit ginjal atau gagal ginjal.

Hasrat dan fungsi seksual juga dapat terpengaruh oleh Menopause, alkoholisme atau penyalahgunaan obat-obatan, serta efek samping obat-obatan tertentu, termasuk beberapa obat antidepresan.

"Banyak faktor fisik ini yang berpengaruh terhadap fase rangsangan seseorang dalam berhubungan seksual, saat fase rangsangan ini tidak berhasil, maka bisa jadi tidak sampai titik kepuasannya," ujarnya.

Baca Juga: KETOK PALU! Jepang Kini Larang Pria Dewasa Melakukan Hubungan Intim dengan Gadis Berusia 13 Tahun