Find Us On Social Media :

Manajer WO Jadi Tersangka Imbas Prewedding Pakai Flare yang Sebabkan 50 Hektar Lahan di Bromo Hangus Terbakar

By Ekawati Tyas, Jumat, 8 September 2023 | 20:15 WIB

Kebakaran hutan di blok savana lembah Watangan atau Bukit Teletubbies, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, penyebab diduga dari aktivitas pemotretan prewedding yang dilakukan pengunjung.

GridPop.ID - Video 'Flare Prewedding' yang sebabkan 50 hektar lahan di Bromo terbakar viral di TikTok, manajer WO ditetapkan sebagai tersangka.

Mengutip Kompas.com, polisi telah menetapkan manajer wedding organizer atau WO sebagai tersangka dalam kasus kebakaran lahan padang sabana Bukit Teletubbies Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Probolinggo AKBP Wisnu Wardana mengungkapkan, petugas mengetahui adanya kebakaran lahan dan padang sabana di Bukit Teletubbies Bromo pada Rabu (6/9/2023) siang.

Awalnya pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru melaporkan insiden tersebut.

Akan tetapi, begitu polisi tiba di lokasi api telah meluas.

Diketahui bahwa saat itu ada aktivitas foto prewedding dengan menggunakan properti flare.

"Saat sesi pemotretan, empat flare dinyalakan, sedangkan satu flare gagal lalu meletup.

Letupan itulah yang membuat padang sabana seluas 50 hektar terbakar," katanya dalam konferensi pers di Mapolres Probolinggo, Kamis (7/9/2023).

Manajer WO Jadi Tersangka

Polisi telah mengamankan enam orang dari lokasi kebakaran, yaitu pengantin dan kru WO.

Selain itu petugas juga menyita sejumlah barang bukti berupa lima selongsong flare, korek api, pakaian prewedding dan kamera.

Baca Juga: Fenomena 'Frozen' Embun Beku di Gunung Bromo Viral di TikTok, Tumbuhan Membeku Diselimuti Es, BMKG Beri Penjelasan