Find Us On Social Media :

Termasuk Menulis Jurnal, Ini 5 Cara Berhenti Overthinking yang Buat Pikiran dan Hati Semrawut!

By Andriana Oky, Kamis, 26 Oktober 2023 | 08:45 WIB

ilustrasi overthinking

GridPop.ID - Overthinking adalah kecenderungan berlebihan dalam memikirkan, menganalisis, atau merenungkan suatu masalah, situasi, atau peristiwa hingga titik di mana itu menjadi tidak sehat atau merugikan.

Orang yang cenderung overthinking sering kali terjebak dalam lingkaran pemikiran yang berulang-ulang, merasa khawatir tentang kemungkinan terburuk, atau terlalu fokus pada detail yang sepele.

Hal ini dapat mengganggu kemampuan seseorang untuk mengambil keputusan yang efisien, merasa tenang, atau tidur dengan baik.

Overthinking dapat muncul dalam berbagai konteks, seperti dalam kehidupan pribadi, pekerjaan, hubungan interpersonal, atau situasi yang menimbulkan kecemasan.

Kondisi ini seringkali dapat menyebabkan stres, kecemasan, dan bahkan gangguan kesehatan mental seperti kecemasan atau depresi.

Cara berhenti dari overthinking

Melansir Kompas.com, untuk berhenti dan mengatasi overthinking, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

Membuat atau menulis jurnal dapat membantu mengurangi pikiran-pikiran yang mengganggu.

Baca Juga: Quotes Bijak untuk Melawan Overthinking, Bisa Dibaca agar Pikiran Kembali Tenang

Di samping itu, membuat jurnal juga dapat membantu kita mengenali pikiran negatif otomatis, yang merupakan pikiran spontan yang biasanya melibatkan kemarahan.

Mengidentifikasi pola-pola ini dapat membantu kita mengetahui apa yang membuat kita merasa lebih baik dan mengurangi kekhawatiran.

Ketakutan ini akan membuat kita overthinking tentang apa yang akan terjadi jika kita menghadapinya.