Find Us On Social Media :

Sudah Kantongi Nama Pesohor yang Bakal Terseret Kasus Korupsi, Pihak Kejagung Segera Ungkapkan ke Publik: Dukung Kami

By Luvy Octaviani, Rabu, 3 April 2024 | 10:43 WIB

Harvey Moeis dan Helena Lim

GridPop.ID - Publik saat ini tengah menyoroti kasus mega korupsi Rp 271 triliun yang merugikan negara.

Kasus ini pun masih terus bergulir, bahkan pihak Kejaksaan Agung (Kejagung) mengaku sudah kantongi nama pesohor yang bakal terserat kasus korupsi.

Sebelumnya, Kejagung sendiri sudah menetapkan suami Sandra Dewi, Harvey Moeis sebagai tersangka bersama 15 tersangka lain.

Melansir dari laman tribuntrends.com, Harvey Moeis juga langsung ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan selama 20 hari.

Harvey sebagai perpanjangan tangan PT Refined Bangka Tin (RBT) diduga berperan mengkoordinir sejumlah perusahaan terkait penambangan timah liar di Bangka Belitung.

Perusahaan itu ialah PT SIP, CV VIP, PT SBS, dan PT TIN.

Penambangan liar itu dilakukan dengan kedok kegiatan sewa-menyewa peralatan dan processing peleburan timah.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Ketut Sumedana mengakui, pengungkapan kasus dugaan tindak pidana korupsi ini juga berkat keberanian sang Jaksa Agung, ST Burhanuddin.

"Masyarakat harus bersyukur dengan hasil kerja ini, Rp271 triliun itu besar banget nilai kerugiannya bagi generasi mendatang," buka Ketut dalam program Sapa Indonesia Petang, KompasTV, Jumat (29/3/2024).

"Ada 16 tersangka di sini, dan yang perlu disoroti adalah bukan lamanya kasus ini dibongkar, tapi ini adalah kebangkitan dan keberaniannya ST Burhanuddin sebagai Jaksa Agung yang melahap kasus-kasus kakap sehingga ini akan berdampak luas kepada tambang emas, nikel, batubara, Jiwasraya, Asabri, Garuda. Kita sudah sidangkan semua, ini kita sikat semua," tegas Ketut.

Menurutnya, dalam penanganan kasus ini butuh strategi, butuh pendalaman, dan butuh konfrontasi ke depannya dari orang-orang yang sudah diperiksa. Terdapat 148 saksi yang sudah menjalani pemeriksaan oleh Kejagung.

Baca Juga: Akankah Sandra Dewi Terseret Kasus Korupsi Harvey Moeis? Kejagung: Kemungkinan Bisa Terjadi