GridPop.ID - Di era digital seperti saat ini, nyaris segala sesuatu dapat diakses melalui internet.
Termasuk juga transaksi jual beli yang kini semakin marak dengan jual beli online alias online shop.
Ya, saat ini online shop memang sudah marak dan dengan mudahnya kita temui melalui berbagai aplikasi.
Namun dibalik kemudahan itu, tersimpan cerita-cerita menarik tentang online shop.
Mulai dari cerita-cerita lucu antara penjual dan pembeli, hingga cerita-cerita horor yang bikin merinding.
Salah satunya seperti cerita seram yang dialami oleh seorang penjual online shop berikut ini.
Melansir pemberitaan GridPop pada 30 Agustus 2019 silam, peristiwa seram itu berawal dari sebuah paket barang yang tak kunjung sampai ke pembeli.
Padahal sudah 2 minggu paket itu dikirim, namun belum juga sampai ke rumah pembeli.
Seorang Kurir jasa ekspedisi beralasan bahwa alamat penerima belum kunjung ditemukan.
Ia mengaku sudah berusaha menghubungi si penerima berkali-kali, namun tak ada respon.
Warga sekitar di alamat yang tertera juga sudah ditanya namun tak ada yang tahu.
Singkat cerita, akhirnya paket dikembalikan ke tempat pengirim.
Mengetahui hal ini, si pedagang akhirnya mencoba telpon ke nomer pembeli.
Ternyata, saat dihubungi ada yang angkat. Saat didengar lewat telpon, di seberang sana muncul suara wanita.
Saat pedagang online tersebut tanya, "Apakah benar ini dengan atas nama paket," jawaban si cewek sungguh mencengangkan.
Dia bilang, orang tersebut sudah meninggal.
Sontak, si pedagang kaget hingga akhirnya muncul postingan tentang kejadian tersebut di sebuah akun Facebook
Sesaat postingan tersebut diunggah, muncul beberapa komentar.
Si penjual online tersebut sayangnya tak bertanya lebih lanjut ke cewek yang mengangkat telpon tentang kronologis meninggalnya si pembeli.
Hinggi saat ini, tak diketahui apakah memang ada yang beli barang dari sang penjual online kemudian dia wafat, atau justru ini hanya perbuatan orang iseng.
Terkait kejadian tersebut, keamanan saat membeli barang di online shop memang harus lebih diwaspadai.
Dilansir dari Kompas.com, pemerhati keamanan siber, Yerry Niko Borang mengatakan, ada beberapa langkah awal sebelum melakukan transaksi jika ingin membeli barang di olshop.
1. Beli di marketplace
Yerry menyampaikan, langkah termudah jika ingin membeli barang dari olshop yakni menggunakan platform marketplace yang tersedia mekanisme pengaman.
2. Membaca review pembeli sebelumnya
Apabila calon pembeli akan membeli barang melalui salah satu marketplace, Yerry menyarankan kepada calon pembeli untuk melihat kolom komentar di mana terdapat review pembeli.
3. Cek nomor rekening di situs cekrekening.id
Bagi Anda akan melakukan transaksi online, sebaiknya mengecek terhadap nomor rekening yang dituju dengan melakukan upaya sebagai berikut:
- Periksa nomor rekening tujuan di situs cekrekening.id. Pada situs tersebut akan dimunculkan keterangan, apakah rekening itu pernah terlibat tindak penipuan atau belum.
- Masuk ke laman cekrekening.id, kemudian masukkan nama bank dan nomor rekening.
- Muncul hasil rekam jejak rekening. Jika muncul rekam jejak nomor rekening tersebut pernah dilaporkan, maka Anda patut waspada.
4. Cek nomor telepon di aplikasi GetContact
GetContact adalah salah satu aplikasi crowdsourcing (urun daya) yang bertujuan untuk mengidentifikasi spammer (pengirim spam).
Pengguna terdahulu akan menandai (tagging) dan kadang kala mencantumkan nama untuk nomor yang pernah melakukan spamming ke nomor mereka.
Lalu, nomor spammer tersebut akan masuk ke database GetContact.
GridPop.ID (*)
Source | : | Kompas.com,Grid Pop |
Penulis | : | Sintia N |
Editor | : | Sintia N |
Komentar