Find Us On Social Media :

Miliki Iklim Tropis, BMKG Sebut Virus Corona Tak Ideal Berada di Indonesia hingga Mampu Bantu Hambat Penyebaran Covid-19 Semakin Meluas, Namun Akan Sia-sia Hanya Karena Satu Hal Ini!

By Septiana Risti Hapsari, Minggu, 5 April 2020 | 20:00 WIB

BMKG Buktikan Bahwa Indonesia Sebenarnya Punya Modal Kuat untuk Hadapi Corona, Tapi Semuanya Seolah Jadi Sia-sia karena Hal Ini

 

GridPop.ID - Indonesia memang terkenal sebagai negara yang beriklim tropis.

Siapa sangka ternyata iklim tropis ini ada kaitannya tentang virus corona yang tengah menyerang hampir seluruh dunia.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melakukan analisis tentang pengaruh cuaca dan iklim dalam penyebaran penyakit Covid-19 di Indonesia.

Analisis dilakukan bersama 11 doktor di Bidang Meteorologi, Klimatologi, dan Matematika, didukung Guru Besar dan Doktor di Bidang Mikrobiologi dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Baca Juga: Tak Terlihat Batang Hidungnya Ketika Presiden Jokowi dan Para Menteri Sibuk Urusi Corona, Ternyata Menhan Prabowo Subiato Wara-wiri Jalankan Tugas Penting Ini untuk Tangani Virus Covid-19

Kajian dilakukan dengan analisis statistik, pemodelan matematis, dan studi literatur.

Kepala BMKG Dwikorita mengatakan, hasil kajian menunjukkan adanya indikasi pengaruh cuaca dan iklim dalam mendukung penyebaran wabah Covid-19, sebagaimana disampaikan dalam penelitian Araujo dan Naimi (2020), Chen et. al. (2020), Luo et. al. (2020), Poirier et. al (2020), Sajadi et.al (2020), Tyrrell et. al (2020), dan Wang et. al. (2020).

"Hasil analisis Sajadi et. al. (2020) serta Araujo dan Naimi (2020) juga menunjukkan sebaran kasus Covid-19 pada saat outbreak gelombang pertama, berada pada zona iklim yang sama, yaitu pada posisi lintang tinggi wilayah subtropis dan temparate," kata Dwikorita kepada Kompas.com, Sabtu (4/4/2020).

Baca Juga: Tak Taat Aturan Lockdown, 22 Orang Malah Asyik Pesta Seks Selama 48 Jam di Tengah Pandemi Corona, Polisi Temukan Hal Mencengangkan Ini Ketika Menggeledah Lokasi!