Find Us On Social Media :

Idap Penyakit Maag dan Takut Kambuh Saat Jalani Puasa Ramadan? Ahli Sebut Puasa Bisa Sembuhkan Penyakit Maag Asal Penuhi Syarat Ini!

By Septiana Risti Hapsari, Kamis, 7 Mei 2020 | 04:20 WIB

ilustrasi Sakit maag.

GridPop.ID - Tak sedikit orang yang merasa khawatir penyakit maagnya kambuh di tengah puasa ramadhan.

Hal ini dikarenakan kita harus menahan haus dan lapar dalam waktu yang lama.

Umumnya, perut kosong yang kosong dapat meningkatkan risiko terjadinya sakit maag.

Gejala yang dialami berupa nyeri pada ulu hati dan dapat menjalar hingga ke punggung. Bahkan tak sedikit pula yang merasakan kembung dan mual, hingga muntah.

Baca Juga: Diisukan Telah Memeluk Agama Islam Sebelum Berpulang untuk Selamanya, Asisten Didi Kempot Sebut Sang Maestro Sempat Rasakan Dada Sesak Sambil Teriak Laa Ilaaha Illallah Sebelum Wafat

Namun, kekhawatiran penderita maag nyatanya tidak akan dialami saat berpuasa.

Para ahli kesehatan meyakini puasa di bulan Ramadhan memberi manfaat besar bagi kesehatan, salah satunya dapat menyembuhkan penyakit maag.

"Saya punya pengalaman dalam hal ini, banyak mereka yang menderita sakit maag ketika berpuasa malah membaik," ujar ahli penyakit dalam dari Digestive Clinic Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, dr. Hardianto SpPD, di Jakarta, Jumat (3/7/15), dikutip dari BeritaSatu.

Untuk mendapatkan manfaat puasa bagi penderita maag tentu perlu diiringi dengan gaya hidup sehat, sebagaimana disampaikan dr. Hardianto.

Baca Juga: Terlalu Tajir, Nagita Slavina Langsung Beli Handphone Baru Tanpa Sepengetahuan Suami Usai HP Lamanya Rusak Dibanting saat Main Game, Begini Reaksi Adik Raffi Ahmad