Find Us On Social Media :

Dulu Pontang-panting Lepaskan Diri dari Indonesia Sampai Butuh Bantuan Australia, Begini Kekuatan Militer Timor Leste Sekarang, Sudah Bisa Tandingi Pasukan Elit TNI?

By Arif B,None, Kamis, 27 Agustus 2020 | 11:30 WIB

gambar ilustrasi

GridPop.ID - Usai mendeklarasikan kemerdekaan dari Portugal pada 28 November 1975, Timor Leste langsung diduduki Indonesia 9 hari kemudian.

Setelahnya, Timor Leste dimasukkan ke wilayah Indonesia sebagai sebuah provinsi pada Juli 1976.

Namun, rakyat Timor Leste sepertinya tak senang dengan kependudukan Indonesia di Bumi Lorosae.

Baca Juga: Jengah Lihat Kelakuan Negaranya yang Perlakukan Timor Leste Bak Sapi Perah, Pria Ini Bongkar Strategi Rahasia Australia untuk Monopoli Sumber Daya Bumi Lorosae!

Kampanye pengamanan yang tidak berhasil terjadi selama dua dekade berikutnya, di mana sekitar 100.000 hingga 250.000 orang tewas.

Dalam referendum yang diawasi oleh PBB pada Agustus 1999, mayoritas rakyat Timor-Leste memilih untuk merdeka dari Indonesia.

Namun, dalam tiga minggu berikutnya, milisi anti-kemerdekaan Timor - yang diorganisir dan didukung oleh militer Indonesia - memulai kampanye pembalasan besar-besaran.

Baca Juga: Lokasinya Amat Dekat dengan Indonesia, Ternyata Australia Menyimpan Senjata Rahasia Nan Mematikan, Bisa berdampak Begini Bagi Indonesia

Milisi membunuh sekitar 1.400 orang Timor dan memaksa 300.000 orang ke Timor Barat sebagai pengungsi.