GridPop.ID - Geger di jagat Twitter, Indihome dan Telkomsel alami gangguan merata di seluruh Indonesia.
Tak sedikit pelanggan yang mengeluhkan kondisi ini karena banyak sekali hal yang harus dilakukan dengan jaringan internet.
Hingga kini, “Indihome” dan “Telkomsel” masih menjadi trending di Twitter.
Topik Indihome dibicarakan lebih dari 29,4 ribu kali, dan Indihome sebanyak 12,1 ribu kali.
Beragam keluhan netizen muncul terkait erornya Telkom dan Telkomsel ini.
“@Indihome + @Telkomsel be like… “Prepare for trouble” “And Make it Double” tulis akun @GhiffariYusuf.
“Telkomsel down Indihome lemot What a perfect combination,” tulis akun @fasayaym.
Apa penyebabnya Indihome gangguan atau Telkomsel gangguan? Berikut tanggapan dari Telkom:
Terkait dengan adanya keluhan tersebut, Kompas.com menghubungi SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza.
Saat dihubungi, pihaknya mengatakan saat ini telah terjadi gangguan sistem komunikasi kabel laut Jasuka (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam-Pontianak pada Jumat (19/9/2021) mulai sekitar pukul 17.33 WIB.
Gangguan tersebut berdampak pada penurunan kualitas layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia.
Mewakili manajemen Telkom, Ahmad Reza menyampaikan permohonan maafnya atas ketidaknyamanan yang mungkin dirasakan pelanggan.
“Mohon maaf atas kejadian ini. Saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini,” ujarnya dihubungi Kompas.com, Minggu (19/9/2021).
Pihaknya menyampaikan, saat ini timnya juga masih mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan.
“Semoga gangguan dapat teratasi dan layanan TelkomGroup dapat kembali normal secepatnya,” ujar dia.
Sementara itu, dihubungi terpisah Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin juga menyampaikan permohonan maafnya terkait adanya gangguan teknis terutama pada layanan internet di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.
"Saat ini kami bersama TelkomGroup sedang berusaha untuk menemukanpenyebab gangguan, dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak," ujar Denny, dihubungi terpisah, Minggu (19/9/2021).
Meski demikian, ia menyampaikan untuk layanan telepon dan SMS masih dapat diakses dengan normal.
"Kami menyampaikan permohonan maaf atas hal ini, dan kami mengapresiasi kesetiaan pelanggan yang selalu mempercayakan solusi kebutuhan layanan telekomunikasi kepada Telkomsel," ujar dia.
Ia mengatakan Telkomsel akan segara menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala.
Melansir dari Tribun Techno, Telkom adalah Perusahaan Perseroan (Persero) PT Telekomunikasi Indonesia TBK yang dalam hal ini bertindak sebagai penyedia Layanan Indihome.
Sedangkan, Indihome adalah salah satu produk layanan dari PT Telekomunikasi Indonesia berupa paket layanan komunikasi dan sata seperti telepon rumah, internet dan layanan televisi interaktif.
Indihome resmi diluncurkan pada tahun 2015 dan merupakan salah satu program proyek utama Telkom, Indonesia Digital Network.
Telkom menggandeng sejumlah pengembang teknologi telekomunikasi untuk membangun rumah berkonsep digital.
Layanan Indihome adalah layanan Telkom, baik yang diselenggarakan oleh Telkom maupun bekerja sama dengan pihak ketika yang terdiri dari Indihome 1P, 2P dan 3P termasuk add on.
Sementara itu, MyIndiHome adalah mobile application milik Telkom yang dikembangkan dan diperuntukkan bagi Pelanggan baik untuk layanan fiber maupun non fiber.
Fungsinya untuk menyampaikan keluhan, mengecek tagihan, melakukan pembelian produk-produk turunan IndiHome, permohonan pemasangan baru, dan lain sebagainya.
Seperti modifikasi Layanan IndiHome (seperti Add On, mutasi, upgrade, downgrade), cek tagihan, lapor gangguan dan poin reward.
GridPop.ID (*)