Find Us On Social Media :

Tips Hidup Cara Mengatasi Bau Ketiak Menyengat, Kenali Juga Beberapa Faktor Penyebabnya

By Lina Sofia, Kamis, 13 Oktober 2022 | 14:32 WIB

Cara mengatasi ketiak basah secara alami.

GridPop.ID - sebagian dari Anda pasti sering mengalami masalah bau ketiak yang sangat menyengat.

Nah, Anda perlu mengetahui tips hidup cara mengatasi bau ketiak yang menyengat.

Namun, sebelum mengetahu tips hidup cara mengatasi bau ketiak ketika menyengat, kita perlu ketahui penyebabnya.

Megutip Kompas.com dari Livestrong, Y. Claire Chang, MD, dermatologi dari Union Square Laser Dermatology, mengatakan bahwa ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan ketiak berbau tak sedap.

"Kelenjar keringat manusia terdiri dari kelenjar eccrine dan apokrin. Kelenjar eccrine ada di seluruh permukaan tubuh sedangkan apokrin ada di area-area yang berambut termasuk ketiak," ujar Chang.

Ketika kita kepanasan atau gugup, kelenjar apokrin ini akan memproduksi cairan dan membasahi beberapa area di tubuh kita.

Normalnya, keringat yang keluar ini awalnya tidak berbau. Ia hanya akan berbau ketika tercampur dengan bakteri yang ada di permukaan kulit.

Nah ketika Anda sudah memakai deodoran tapi bau ketiak tetap ada, berarti ada beberapa faktor yang bisa membuat keringat yang keluar berbau tak sedap.

Dikutip dari healthline.com, ketiak yang bau ini disebabkan karena adanya berbagai faktor seperti karena faktor kebersihan, masalah pada kelenjar keringat, hingga penggunaan deodoran yang tidak tepat.

Baca Juga: Tips Hidup Atasi Badan Cepat Lelah dan Mudah Mengantuk, Lakukan 9 Cara Ini

Melansir Tribun Kesehatan, berikut ini tips hidup cara mengatasi bau ketiak menyengat.

1. Mandi setiap hari dengan sabun

Mandi secara teratur setelah aktivitas berat sepeti berolahragar atau berolahraga dapat menghilangkan bakteri dan keringat penyebab bau.