Find Us On Social Media :

Tips Hidup Mengatasi Lidah Pahit saat Sakit, Kenali Penyebab & Makanan yang Baik untuk Dikonsumsi, Dijamin Makan Jadi Nikmat Lagi

By Lina Sofia, Jumat, 25 November 2022 | 05:32 WIB

(Ilustrasi) Ini penyebab lidah pahit saat sakit

GridPop.ID - Lidah akan terasa pahit biasanya dirasakan saat sakit flu.

Kondisi perubahan rasa ini sangat mengganggu sebab tak bisa menikmati makanan dengan enak.

Beirkut ini tips hidup cara mengatasi lidah pahit saat sakit serta kenali penyebab lidah pahit.

Dilansir Kompas.com dari Nature, Sabtu (29/4/2015) para peneliti mengungkapkan, bahwa perubahan sensorik yang terjadi ketika sakit dapat disebabkan oleh protein yang memicu peradangan.

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Brain, Behavior, and Immunity tahun 2015, mereka mengatakan penyebab lidah terasa sakit saat sakit dipengaruhi protein bernama tumor necrosis factor-alpha (TNF-alpha).

Seseorang yang mengalami infeksi, penyakit autoimun, atau kondisi peradangan lainnya memiliki kadar TNF-alpha yang lebih tinggi dibandingkan orang sehat.

Selain itu, protein tersebut juga telah terbukti mengurangi nafsu makan sehingga pasien cenderung kekurangan asupan makanan.

Tim peneliti dari Monell Chemical Senses Center di Philadelphia, Pennsylvania menggunakan tikus rekayasa genetika dan tikus biasa untuk menyelidiki pengaruh TNF-alpha terkait rasa pada larutan yang diberikan.

Hasilnya ditemukan bahwa tikus yang tidak dapat menghasilkan TNF-alpha cenderung bereaksi normal terhadap larutan dengan rasa manis, asam, dan asin, namun kurang sensitif terhadap rasa pahit.

“Tikus normal akan merasakan (rasa itu) pada konsentrasi yang jauh lebih rendah. Mereka akan tahu ini pahit, lalu mereka tidak akan menyukainya," ujar penulis studi, Hong Wang.

Para peneliti mencatat pula adanya aktivitas listrik di saraf yang mengirimkan sinyal rasa dari lidah ke otak.

Baca Juga: Tips Hidup: Lebih Baik Sayang Nyawa Ketimbang Konsumsi Nasi Sisa Kemarin, Kesehatan Keluarga Jadi Taruhan!