Find Us On Social Media :

Meski Sudah Alami Penurunan, Lonjakan Kasus Covid-19 Bulan Ini Masih 2 Kali Lipat Dibanding Januari Lalu, Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Tegas Beri Peringatan Ini

By Lina Sofia, Jumat, 3 September 2021 | 12:22 WIB

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.

GridPop.ID - Pandemi Covid-19 masih belum selesai, meskipun sudah ada beberapa pelonggaran pembukaan bertahap aktivitas sosial dan ekonomi karena alami penurunan kasus.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2-4 Jawa dan Bali pun masih berlaku sampai 6 September.

Walaupun presiden Jokowi mengatakan, dalam satu minggu terakhir sudah terjadi penurunan dalam 7 hari terkahir, tapi kita tetap tak boleh lengah.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta masyarakat tetap waspada terhadap penularan virus corona.

Meski situasi pandemi di Tanah Air sudah menunjukkan penurunan, ia mengingatkan bahwa kasus virus corona masih tergolong tinggi.

"Meskipun sudah mengalami penurunan, kasus di bulan ini masih dua kali lipat dari saat lonjakan pertama atau pada bulan Januari lalu," kata Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (2/9/2021).

Wiku mengatakan, penurunan kasus Covid-19 terjadi sepanjang Agustus 2021. Jika dibandingkan dengan puncak kasus yang terjadi pada 15 Juli, kasus nasional pada 29 Agustus menurun hingga 86,9 persen.

Pada bulan Agustus total terdapat 664.829 kasus Covid-19 atau turun sebesar 49 persen dari bulan sebelumnya atau Juli 2021.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Belum Selesai, WHO Kini Pantau Ketat Varian Virus Corona Baru Bernama Mu yang Dinilai Kebal Terhadap Vaksin, Simak Berikut Ini Penjelasannya