Find Us On Social Media :

Selain Baik untuk Kesehatan Fisik, Kenali Manfaat Umum Puasa Ramadhan 2023, Melatih Hawa Nafsu hingga Istiqomah Ibadah

By Lina Sofia, Kamis, 16 Februari 2023 | 08:16 WIB

Manfaat puasa Ramadhan 2023

GridPop.ID - Selain untuk kesehatan fisik, ini manfaat umum puasa Ramadhan 2023.Umat muslim di dunia sebentar lagi akan menyambut datangnya bulan Ramadhan 2023, ini manfaat umum puasa Ramadhan 2023.

Setiap orang akan berbeda-beda, ini beberapa manfaat dari puasa Ramadhan 2023.Menurut Dekan FKUI Ari Fahrial Syam, dilansir dari laman Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (6/04/2021), manfaat puasa membuat yang menjalankannya sehat. Hal ini terjadi karena dalam berpuasa ada pembatasan asupan makanan, keteraturan makan dan pengendalian diri.Nah, ketiga unsur ini adalah sesuatu yang seharusnya konsisten dilaksanakan baik pada saat berpuasa dan setelah berpuasa.Masih menurut dr. Ari, pembatasan makan akan membuat tubuh melakukan penghancuran lemak tubuh.Bahkan pembatasan makan juga menyebabkan pengurangan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh kita.

Karenanya puasa membuat berat badan akan turun, kolesterol akan turun, kadar gula darah juga menjadi lebih terkontrol.

Selain itu adanya puasa sepanjang hari akan membuat kita mengurangi konsumsi camilan yang tidak sehat seperti coklat, keju, lemak. Termasuk mengurangi makanan yang manis dan asin yang belum tentu sehat bagi tubuh kita.Selain itu bagi orang yang merokok akan mengurangi konsumsi rokoknya setiap hari. Sehingga puasa akan membuat orang sehat menjadi tambah sehat dan orang dengan penyakit kronis (Hipertensi, Kencing Manis, Kegemukan dan kolesterol tinggi) akan membuat penyakit menjadi lebih baik dan terkontrol.

Baca Juga: Sebelum Ramadhan 2023, Ustadz Adi Hidayat Jelaskan Cara Bayar Qadha dan Fidyah, Lengkap dengan Tata Caranya