Find Us On Social Media :

6 Cara Mengatasi Cemas dengan Aturan Lepas Masker, Ikuti Tips dari Beberapa Pakar Berikut Ini

By Luvy Octaviani, Senin, 12 Juni 2023 | 18:31 WIB

Gambar ilustrasi masker

GridPop.ID - Covid-19 saat ini sudah mulai mereda, bahkan pemerinta sendiri sudah melonggarkan protokol kesehatan dengan mencabut aturan wajib masker untuk pelaku perjalanan, kegiatan berskala besar, dan kegiatan di ruang publik, mulai Jumat (9/6/2023).

Meski demikian, mungkin beberapa orang merasa cemas dengan aturan lepas masker tersebut.

Pasalnya, menggunakan masker sudah menjadi kebiasaan sejak pandemi covid-19 muncul.

Lantas apa penyebab cemas jika harus melepas masker dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut ini.

Aturan wajib masker dicabut bikin cemas, apa penyebabnya?

Dilansir dari laman kompas.com, Psikolog Dawn Potter, PsyD dari ClevelandClinic menyebutkan, wajar jika Anda merasa kurang nyaman untuk tidak memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Pakai masker sudah menjadi kebiasaan selama beberapa tahun terakhir. Jadi, awalnya orang akan sulit untuk menghentikan kebiasaan ini,” kata dia, dilansir dari ClevelandClinic.

Neuropsikolog Sanam Hafeez, PsyD menyebutkan, penyebab lain orang merasa cemas harus meninggalkan kebiasaan memakai masker bisa dilatari trauma pada Covid-19 dan dari kondisi kesehatan tertentu.

“Puncak Covid-19 membuat orang harus ekstra waspada. Selain itu, orang dengan gangguan kekebalan juga bisa lebih cemas untuk melepas masker saat beraktivitas di luar rumah,” ujar dia, dilansir dari Healthline.

Baca Juga: Jangan Sepelekan Cenut-cenut di Pagi Hari! Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Kepala saat Bangun Tidur

Menurut Hafeez, orang dengan daya tahan tubuh lemah, punya gangguan kekebalan, berisiko tinggi mengalami komplikasi saat tertular penyakit yang menular lewat udara seperti Covid-19, tak ada salahnya tetap pakai masker.

Namun, bagi orang yang masih muda, sudah melengkapi vaksin Covid-19, dan punya kondisi kesehatan prima, melepas masker saat beraktivitas di luar rumah adalah pilihan masuk akal di tengah kasus Covid-19 yang terkendali.