Find Us On Social Media :

Baik untuk Kesehatan Mental dan Fisik, Ini 10 Manfaat Puasa Ramadhan yang Terbukti Ampuh Cegah Risiko Terserang Penyakit Berbahaya

By Lina Sofia, Sabtu, 25 Maret 2023 | 19:03 WIB

Ilustrasi manfaat puasa untuk kesehatan mental dan fisik

GridPop.ID - Tak hanya sekedar ibadah, berikut segudang manfaat puasa untuk kesehatan mental dan fisik.

Sebagaimana dalam Al Quran mewajibkan umat Islam untuk berpuasa selama bulan Ramadan, ini sederet manfaatnya untuk kesehatan mental dan fisik.

Efek yang dihasilkan selama menjalankan puasa Ramadan sangat baik untuk kesehatan mental dan fisik.

Berikut ini dilansir artikel Kompas.com dari Healthline dan WebMD, berikut adalah beberapa manfaat puasa untuk kesehatan mental dan fisik yang akan didapatkan.

- Mengontrol kadar gula darah

Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa puasa bisa membantu tubuh untuk mengontrol gula darah sehingga bisa menurunkan risiko diabetes.

Selama berpuasa, tubuh akan menurunkan resistensi insulin sehingga glukosa bisa mengalir melalui aliran darah ke sel-sel tubuh dengan lebih efektif.

Kondisi ini kemudian akan membuat level gula darah di dalam tubuh lebih seimbang.

- Mengurangi inflamasi

Inflamasi kronis bisa berbahaya untuk tubuh, seperti memicu penyakit jantung, kanker, dan rheumatoid arthritis atau peradangan sendi.

Seseorang yang berpuasa kemudian bisa mengurangi inflamasi dan membuat tubuh semakin sehat.

- Meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit jantung bisa sangat berbahaya karena merupakan salah satu pemicu kematian tertinggi di dunia.

Berpuasa sudah terbukti bisa mengurangi level kolesterol dan risiko penyakit jantung pada orang-orang yang mengalami obesitas.

Baca Juga: 8 Manfaat Puasa di Bulan Suci Ramadhan yang Ternyata Baik untuk Kesehatan Tubuh dan Ampuh Cegah Penyakit Mematikan Ini